Saat Digigit Ular Berbisa, Jangan Langsung Panik, Lakukan Langkah Ini

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Jakarta – Temuan banyaknya ular kobra bekalangan ini, perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa. Salah satunya dengan menyediakan serum antibisa ular.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Watini mengatakan, warga Jakarta yang digigit ular kobra bisa mendapatkan serum antibisa ular di sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Rumah Sakit (RS) Suyoto, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, RSUD Cengkareng, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), RSPI Sulianti dan RS Fatmawati

Baca juga  Sidang DKPP, Ketua KPU Sumut Diberhentikan dari Jabatannya

“Ada tujuh rumah sakit yang menyediakan serum antibisa ular di Jakarta,” ujar Kristi di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Dia menuturkan, serum tersebut hanya diberikan kepada pasien yang digigit ular berbisa dengan penanganan medis dari rumah sakit tersebut. Harga serum antibisa ular beragam.

Misalnya RSCM yang mematok harga Rp 900.000 dan RS Fatmawati Rp 595.000. “Beberapa menyediakan serum secara gratis seperti RSPI Sulianti yang menyediakan serum gratis untuk pasien BPJS,” katanya.

Baca juga  Warga India di Tangkap, Tak Memiliki Izin Tinggal

Warga diimbau tidak panik saat digigit ular. Menurutnya, penanganan awal dengan memassang bidai secara erat dengan ikatan kain atau perban untuk mencegah penyebaran bisa ular.

“Bila penderita gigitan ular tiba di rumah sakit dalam keadaan darurat seperti syok akibat racun bisa ular, dokter segera melakukan tindakan resusitasi untuk menyelamatkan nyawa penderita,” katanya. (Sumbe5r : Inews.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan