Proyek Kapal Selam Canggih, Giliran Korsel yang Dicampakkan, Indonesia Gandeng Naval Group

  • Whatsapp
Kapal Selam Produk Naval Group (dok.ist)

BeritaTapanuli.com – Pertahanan Indonesia kini semakin menjadi perhatian dunia. Apalagi sejak ketegasan Indonesia dalam menyikapi desakan Cina atas kepemilikan Laut Natuna Utara.

Indonesia bahkan diusik tidak tanggung tanggung, namun dengan penuh percaya diri tetap pada pendirian dan kebenaran yang terus di sampaikan lewat jalur internasional.

Sejumlah sahabat dan saudara Indonesia pun turut memberikan dukungan untuk mempertahankan kedaulatan negara. Seperti halnya Amerika Serikat, Jepang dan Prancis.

Belakangan ini, demi memperkuat pertahanan laut, Indonesia melakukan kerjasama dengan negara Prancis perihal pembuatan Kapal Selam tercanggih.

Tak muluk muluk, kabar baik inipun disampaikan angkatan bersenjata Prancis. Dikutip dari Defence World, Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Florence Parly mentweet, “Kerja sama kami juga meluas ke bidang angkatan laut: Indonesia telah mengumumkan niat untuk membeli dua kapal selam Scorpne buatan Prancis”.

Baca juga  Ternyata Kasiat Petai Bisa Sembuhkan 3 Penyakit Ini, Luput dari Pemahaman

Nah, bagaimana dengan Korea Selatan? Kemungkinan akan gigit jari, apalagi CEO Naval Group Prancis bahkan sampai turun gunung tanda tangani perjanjian kerjasama dengan PT PAL Indonesia soal pembangunan kapal selam Scorpene.

Sementara dikutip dari website resmi PT PAL, PT PAL Indonesia dan Naval Group sepakat menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) kerjasama strategis pada hari ini Kamis, 10 Februari 2022 di kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Dan dihadiri langsung oleh Menteri Pertahanan RI Bapak Prabowo Subianto, CEO dan jajaran BoD PAL, Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly, CEO Naval Group, beserta jajaran pemangku kepentingan lain.

Adapun isi MoU mengarah pada pembelian dua unit kapal selam scorpene dengan teknologi AIP dan lengkap dengan persenjataannya” tutur Bapak Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan RI dalam kesempatan tersebut.

Baca juga  Pesawat Milik TNI AU Terjatuh lalu Terbakar

Sementara CEO Naval Group Pierre Eric Pommellet menawarkan, dengan kerja sama dalam program kapal selam ini tentu untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia, serta untuk memperkuat industri pertahanan matra laut di Indonesia melalui PAL” tuturnya.

Dan Pembuat kapal Prancis Naval Group telah menawarkan untuk membangun dua kapal selam diesel-listrik (SSK) berkemampuan air-independent propulsion (AIP) di Surabaya untuk Angkatan Laut Indonesia.

Bak bersambut gayung jika kapal selam Scorpene Prancis jadi dibuat Indonesia, maka TNI AL akan makin gahar di kawasan ASEAN. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan