Persembahkan Emas di SEA Games Vietnam, Ini Sosok Andi Darsil Atlit Sulsel

  • Whatsapp

Sport – Tim Karateka Indonesia di SEA Games Vietnam yang turun dalam pertandingan Kata Beregu Putra berhasil torehkan emas bagi merah putih.

Karateka asal Sulawesi Selatan (Sulsel) turut serta membawa harum lagu Indonesia Raya.

Mereka yakni Albiadi, Andy Tomy Aditya Mardana dan Andi Dasril Dwi Dharmawan.

Diam diam, salah satu dari ketiganya adalah mengabdi sebagai ASN, yakni Andi Darsil Dwi Dharmawan.

Pria kelahiran 1994 ini berpesan untuk para atlet muda untuk tidak bermalas-malasan saat latihan.

“Jangan mengeluh dan pada intinya jangan takut berprestasi, karena kita diperhatikan oleh pemerintah pusat dan daerah. Jangan takut berprestasi dalam artian, jangan malas latihan, jangan dikit-dikit mengeluh. Tentu untuk meraih sebuah prestasi tidak mudah, akan ada keringat, darah, air mata jadi mengeluhnya dikesampingkan dulu lah,” ujarnya.

Baca juga  Legenda Hidup MotoGP Mengaku Malu Tak Naik Podium

Andi Darsil Dwi Dharmawan mengaku di Sea Games Vietnam ini merupakan kali ketiga baginya untuk ikut dalam kejuaraan olahraga tingkat Asia Tenggara tersebut.

Saat Sea Games Malaysia dan Philipina kemarin, Darsil dan timnya meraih medali perak artinya, ini kali pertama Darsil dan timnya mendapat medali emas di Sea Games Vietnam.

Berbagai persiapan dilakukan untuk mengahadapi Sea Games ini, salah satunya mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun Darsil mengaku, untuk Sea Games kali ini cukup berat bagi dia, karena selama 2021 masih dalam suasana pandemi. Olehnya itu tidak ada event yang Darsil ikuti kecuali PON.

Semangat Darsil kian menggebu dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat ataupun daerah. Dengan adanya dukungan dari pemerintah tentu para atlet pun merasa diperhatikan dan dirinya makin siap mengikuti Sea Games Vietnam.

Baca juga  Doviozo Alami Cedera Kaki dan Kepala, Fabio Sesalkan Tindakan Alex

Atlet asal Gowa ini juga dijanjikan oleh Pemprov Sulsel bonus berupa uang pembinaan, namun dia belum bisa memberikan angka yang pasti, “Kemarin itu waktu Sea Games Malaysia dan Philipina untuk bonus itu semacam uang pembinaan, untuk medali perunggu saya terima Rp 150 juta perorangan dari pemerintah pusat, untuk Pemprov itu saya terima Rp 60 juta,” kata dia sambil tersenyum.

Lulusan Magister Hukum Unhas ini, kini menjadi ASN di Dispora Sulsel dengan perolehannya sebagai atlet berprestasi di tahun 2019 lalu, “Jadi saya dijanjikan jadi ASN itu dari kemarin saat meraih medali di Philipina 2019 kemarin, dan Alhamdulillah sekarang (tahun ini) tercapai,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan