Pemkot Sidimpuan Menertibkan PKL dan Menata Kembali Para Pedagang

  • Whatsapp
Saat menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di pusat pasar Jalan Thamrin, Patrice Lumumba I dan II, Kamis (7/5/2020).

BeritaTapanuli.com, Padangsidimpuan – Pemerintah Kota Padangsidimpuan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di pusat pasar Jalan Thamrin, Patrice Lumumba I dan II, Kamis (7/5/2020).

Penertipan dipimpin Kadis Perdagangan Sidimpuan, Ridoan Pasaribu. Aksi ini melibatkan Dinas Perhubungan dan enam Satpol PP perempuan yang ada di lokasi.

Ridoan menyampaikan, penertiban PKL bertujuan supaya memperlancar lalu-lintas sekaligus menata pedagang, aksi ini juga bagian dari upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, pihaknya hanya dibantu belasan orang terdiri dari Satuan Satpol PP Kota Padangsidimpuan yang bertindak humanis.

Bahkan, mereka turut membantu para pedagang mengangkati barang dagangan dan menggeser tendanya, sesuai arahan petugas.

Namun, tidak berselang lama PKL bergeser ke belakang, seketika timbul persoalan baru, yaiut belasan sopir becak bermotor masuk mengisi badan jalan yang kosong. Hingga membuat lalul-intas kembali macet.

Baca juga  Tangis Keluarga Pramugari Pecah, Sang Ayah Tak Lekang Pandangi Peti Foto Putrinya

Diperparah lagi ulang penarik becak bermotor yang parkir hingga dua lapis dan tidak ada yang mengendalikannya.

Demi mengurai persoalan baru itu, Kadis perdaganagn itu lalu meminta sopir becak berpindah untuk mengikuti antrian satu baris.

Diawal terkesan tidak dihiraukan para penarik becak bermotor, hingga harus dipaksa agar menuruti aturan itu.

Meski demikian, penertiban itu pun berlangsung aman, walau hanya dikendalikan beberapa orang.

“Aksi ini mengusung tiga misi utama. Pertama, penertiban atau penataan PKL, kedua memperlancar arus lalul-intas di inti kota, dan terkahir mencegah penularan Covid-19 dengan cara jaga jarak antara satu sama lain,” ungkap Ridoan.

Baca juga  Gudang Penyimpanan Bensin di Hajoran Terbakar

Ridoan berharap para PKL agar bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan pasar.

“Jangan gunakan badan jalan, karena akan membuat macet lalulintas pengendara yang notabene juga calon pembeli.” Pintanya.

“Paling penting  adalah tetap waspada terhadap penularan virus corona. Tetap pakai masker dan sarung tangan. Sering cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak antara satu sama lain,” pungkasnya.

Kemudian tak berselang lama Kadis Perhubungan Kota Padang Sidimpuan Yusnal Daulay hadir menyusul anggotanya itu. Ia terlihat datang bersama beberapa personil Satpol PP laki-laki  dan turut membantu penertipan dan mempermudah pejalan kaki yang hendak mau membeli. (Er/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan