Menteri Susi Hadir di Acara Karnaval dengan Kuliner Khas Toba

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tobasa – Antusias masyarakat dari berbagai kalangan, sekawasan Danau Toba datang untuk menghadiri Acara Karnaval Pesona Danau Toba ke-4 tahun 2019 yang berlangsung selama tiga hari 13-15 September di Balige Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (14/9/2019).

Pada hari pertama 13 September 2019 pembukaan Karnaval dengan acara Festival Kuliner Khas Toba. Dengan ragam masakan khas lokal.

Karnaval dihari kedua ini yang dihadiri oleh menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti begitu disambut baik oleh puluhan ribu masyarakat yang sengaja datang untuk menghadiri acara Karnaval Tahun ini.

Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampaikan kata sambutannya Pada acara Karnaval Pesona Danau Toba Ke-4 Tahun 2019 bertemakan “Ulos dalam bingkai adat dan kostum”. Pada tahun karnaval pertama langsung dihadiri oleh bapak Presiden dan berpesan agar karnaval ini dibuat setiap tahun, Karena ini Budaya yang digunakan adalah budaya yang kita tampilkan.

Baca juga  Dinyatakan Hilang Dua Hari, Anak 3 Tahun Ditemukan Sudah Tidak Bernyawa

“Disamping kami melakukan Karnaval, bahwa kami juga sudah mengangkat petenun-petenun kita yang dikampung-kampung. Jadi kita himbau semua harus pakai ulos. Kalau dia tidak punya, bererti dia membeli. Maka, ekonomi masyarakat akan meningkat dengan acara Karnaval ini,” sebut Bupati Tobasa.

Lanjut Bupati, bahwa UNESCO PBB telah mengakui Danau Toba menjadi Geopark Dunia. Selanjutnya akan diserahkan di Negara Paris pada bulan April 2020. Jadi kalau Otorita kita ini nanti berbasis Geopark dan budaya.

“Saya menghimbau kepada kita semua, mari kita sama-sama mendukung Otorita Danau Toba karena itu adalah salah satu cara Pak Jokowi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal di Kawasan Danau Toba,” jelas Darwin.

Selanjunya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku sangat Luar biasa dengan sambutan masyarakat seputaran Danau Toba atas kehadirannya yang baru pertama kali saya ke danau Toba.

Baca juga  Kades Terpilih, Usai Dilantik Langsung Nginap di Lapas

“Sebelum jadi menteri, saya sering ke Sibisa. Biasanya saya disambut sama ibu-ibu sama bapak bapak yang lagi jemur kopi. Saya juga pernah bawa tuak , caberawait, singkong dan jagung. Tapi sudah beberapa puluh tahun yang lalu,”tandas Bu Susi yang teringat saat Kapal Susi air mendarat di Bandara Sibisa.

Menteri Susi juga berpesan kepada seluruh masyarakat sekawasan Danau Toba untuk selalu ramah kepada setiap pengunjung, dan tetaplah menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelum acara karnaval dimulai Menteri Susi bersama Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, Direktur BPODT Arie Prasetyo serta Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo memukul Gondang tanda Karnaval dimulai.

Iring-iringan Karnaval dari berbagai puak Batak serta ragam mobil hias, disaksikan puluhan ribu masyarakat sepanjang jalan mulai dari jalan Patuan Nagari hingga ke Jalan Sisingamangaraja Balige.(ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan