Layanan Keliling  MCS Kembali Sapa Masyarakat Tabagsel

  • Whatsapp

BERITATAPANULI.COM, Padangsidimpua – BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan, kembali membuka layanan keliling Mobile Customer Service (MCS) tahun 2019 ke sejumlah tempat di lima Kabupaten dan Kota wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Sama seperti tahun sebelumnya, pelayanan MCS BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan, menggunakan konsep 1 day 1 dest (ODD), yaitu pelayanan bergerak (berkeliling) mengunjungi satu tempat ke tempat yang lain.

Kepala Bidang Pelayanan Peserta dan Pengaduan BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan, Yasmine Ramadhana Harahap, melalui Kabid Prabu Dian, mengatakan setiap Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kamis (31/1/2019) memiliki satu mobil operasional MCS. Mobil yang dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung ini ditargetkan akan mengunjungi seluruh Kantor Camat di wilayah Tabagsel.

Masyarakat dapat memperoleh hampir seluruh pelayanan kepesertaan, termasuk cetak Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang bisa dilakukan melalui layanan keliling MCS. Perencanaan perjalanan dan kunjungan yang matang pun dilakukan dengan seksama, untuk memastikan layanan MCS di setiap kecamatan sehingga memperoleh hasil yang optimal.

“Untuk memastikan setiap daerah di Tabagsel, mendapat pelayanan MCS, serta memperoleh hasil yang maksimal dan terukur, kami menyusun jadwal kunjungan ke setiap kecamatan di lima kabupaten dan kota. Target kita sampai akhir tahun 2019 adalah mengunjungi seluruh Kantor Camat di Tabagsel, meskipun layanannya mobile kita pastikan peserta memperoleh pelayanan yang tuntas, sama halnya seperti di Kantor BPJS Kesehatan.

Baca juga  Bupati Tapteng Didaulat Mewakili Seluruh Kepala Daerah Se-Tapanuli

Berbagai layanan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dapat diperoleh melalui layanan keliling MCS, antara lain sosialisasi, pendaftaran peserta, pembayaran iuran, penanganan keluhan, dan pemeliharaan data peserta. Peserta JKN-KIS yang sudah terdaftar dianjurkan untuk melakukan pembaharuan data diri beserta anggota keluarga. Menurut Prabu pengelolaan dan pembaharuan data secara berkala dapat menunjang optimalisasi pelayanan BPJS Kesehatan kepada Peserta JKN-KIS.

Prabu menambahkan, layanan MCS tahun 2019 telah dimulai sejak minggu kedua bulan Januari. Pelayanan MCS bulan Januari, menyasar pada Kantor Kecamatan dan pusat keramaian di Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Pekan lalu Mobil MCS sekurangnya telah mengunjungi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Batunadua dan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan di Kota Padangsidimpuan dan Kecamatan Angkola Selatan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca juga  Miliki Narkoba, 3 Pria di Tapteng Diringkus dari Bawah Pohon Bambu

“Sepanjang tahun 2018 layanan MCS telah mengunjungi lebih dari 100 titik lokasi dengan rata-rata kunjungan dua lokasi dalam satu minggu. Tahun ini layanan keliling MCS Tahun 2019 BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan memang kita mulai lebih awal, jika dibandingkan tahun 2018 lalu yang dimulai pada bulan Maret,” terangnya.

“Harapannya, MCS tahun ini bisa melampaui kunjungan tahun 2018 serta dapat menjangkau kelurahan dan desa-desa yang lebih jauh,” ungkap Prabu.

Sementara itu menurut pantuan tim, masyarakat sangat terbantu dengan keberadaan layanan keliling MCS. Ketika diwawancarai, Deni salah seorang warga Kecamatan Padangsidimpuan Selatan mengaku sangat puas dengan pelayanan MCS. Deni menuturkan tidak ada perbedaan antara pelayanan MCS dengan di Kantor Cabang.

“Tidak perlu antri, langsung dilayani, prosesnya juga cepat. Tadi saya cetak  kartu KIS untuk anak saya tidak sampai lima menit udah selesai. Harapannya layanan keliling MCS ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang sulit menjangkau Kantor BPJS Kesehatan,” kata Deni saat berkunjung. (RL/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan