Kereta Cepat Made in China Tiba di RI 2020, Seperti Apa Modelnya ?

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Jakarta – Rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung bakal tiba dari China ke Indonesia 2020 mendatang. Kabar terbaru, satu unit kereta cepat tersebut bisa mengangkut hingga 601 penumpang. Satu unit terdiri dari 8 gerbong.

Nah seperti apa modelnya?. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan jenis kereta yang digunakan untuk operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) pada 2021 mendatang. Jenis kereta yang digunakan adalah CR400AF.

CR400AF merupakan kereta cepat generasi terbaru hasil pengembangan CRRC Qingdao Sifang, salah satu produsen besar kereta cepat di China.

Operation and Maintenance Officer PT KCIC Budi Cai menjelaskan, satu rangkaian kereta bakal terdiri dari tiga kelas, yaitu VIP, first class, dan second class.

Baca juga  Sebar Maklumat Kapolri, Begini Bunyinya

“Betul ada sekitar 600 (kursi penumpang per rangkaian),” kata Operation and Maintenance Officer PT KCIC Budi Cai ditemui di pameran Indotrans Expo 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Berdasarkan selebaran dari KCIC, jumlah kursi VIP adalah 18, first class 28, dan second class 555. Porsinya memang sengaja lebih banyak untuk second class.

“Kita mungkin lebih mengunci di kalangan eksekutif muda, orang kantoran kayak gitu. Jadi first class, second class itu akan kita perbanyak,” jelasnya.

Baca juga  Bupati Taput Tegaskan Percepatan Penyaluran BLT 11 Kelurahan se-Taput

Dia melanjutkan, yang membedakan masing-masing kelas adalah tingkat kenyamanannya. Misalnya untuk VIP kemungkinan didesain dengan formasi kursi 1-1 di kanan dan kiri, untuk first class 2-2, dan untuk second class 3-3.

Untuk VIP, menurut dia juga akan lebih nyaman kursinya dibandingkan kelas lainnya.

“VIP dia tempat duduknya mungkin misalnya satu jalur itu sendiri. Kalau untuk first class dia kan kanan-kiri dua dan dua. Kalau VIP dia mungkin cuma ada satu, atau dia bentuk kursinya akan disesuaikan bahannya misalnya lebih nyaman, lebih besar,” tambahnya (Sumber : Detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan