Jalan Barus-Pakkat Putus Total Usai Diterjang Banjir

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapanuli Tengah – Bencana banjir menerjang Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara. Bencana ini diakibatkan meluapnya Sungai Sirahar yang diawali hujan lebat, sejak Selasa (28/1/2020) malam hingga Rabu (29/1) dini hari.

Selain merusak rumah warga banjir juga merusak fasilitas infrastruktur, banjir juga menyebabkan 2 orang tewas, puluhan luka-luka dan ratusan warga mengungsi.

Kecamatan Andam Dewi, juga dilaporkan mengalami bencana banjir hingga mengakibatkan Jalan Provinsi Barus-Pakkat putus total. Bahkan, korban tewas dilaporkan 5 orang.

Camat Andam Dewi, Demsi Limbong menjelaskan, jalan provinsi yang mengalami putus total berada di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Andam Dewi, Tapteng, arah Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Lokasinya sangat sulit dilalui. Saat ini tim SAR gabungan sudah berada di lokasi,” kata Demsi Limbong dihubungi lewat telepon seluler, Rabu (29/1/2020).

Bencana banjir di Kecamatan Andam Dewi juga memakan korban. Data sementara, 5 orang dikabarkan meninggal dunia. Ada yang tertimbun tanah longsor dan ada pula yang hanyut.

Baca juga  Rapat Pleno Kecamatan Sibolga Sambas di Gelar

“1 orang bermarga Pane, meninggal dunia akibat tertimbun longsor dan sudah dievakuasi. Kemudian, 1 orang marga Marpaung, warga Pakkat yang hanyut juga ditemukan meninggal dunia. Sedangkan 1 korban lainnya mengalami luka-luka dan sudah mendapatkan perawatan,” ungkap Demsi Limbong.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo menyampaikan, banjir yang melanda Kecamatan Barus dan sekitarnya akibat intensitas hujan yang tinggi.

Banjir dengan tinggi muka air sekitar 2 meter-2,5 meter tersebut merendam 7 desa/kelurahan di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Sebanyak 700 KK terdampak banjir.

Ketujuh desa/kelurahan tersebut, Desa Kampung Mudik, Desa Pasar Terandam, Desa Bungo Tanjung, Desa Kinali, Desa Ujung Batu, Kelurahan Batu Gerigis dan Kelurahan Padang Masiang.

Baca juga  Pemkab Buka Seleksi CPNS, Berikut Formasinya

“Hingga sejauh ini, tim telah melakukan evakuasi para warga terdampak ke posko pengungsian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Tengah dibantu unsur terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan BASARNAS turun ke lapangan,” ungkapnya kepada wartawan.

Kepala BPBD Tapteng, Safaruddin Ananda Nasution, juga membenarkan, pihaknya sejak Selasa malam, telah menurunkan segenap kekuatan personel di sejumlah lokasi bencana banjir dan longsor.

“Kita tetap berkoordinasi dan bersinergi dengan tim SAR gabungan, TNI dan Polri,” ujarnya.

Dia juga membenarkan, 2 orang meninggal dunia akibat peristiwa banjir di Kecamatan Barus. Kedua korban ini merupakan pasangan suami istri.

Terpisah, tokoh masyarakat Barus, Juardi Mustafa Simanullang, menyebut kedua korban meninggal dunia di Barus itu penduduk Perumnas Kelurahan Padang Masiang.

“Identitas kedua korban yakni, Idwarnisyah (60) perempuan dan suaminya Azwirsyah Tanjung (60),” singkat Juardi. (Sumber : Tapanulitoday)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan