Dukung WDC 2019, Bupati Tapteng Ajak Kesadaran Masyarakat Atas Menanggulangi Sampah

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Tapanuli Tengah kembali menjadi partisipan dalam aksi Wolrd Cleanup Day (WCD) 2019 yang akan berlangsung Sabtu, 21 September 2019 ini.

Sebanyak 8 titik di kabupaten yang dikenal dengan sejuta pesona ini, menjadi sasaran aksi bersih-bersih sampah yang serentak digelar di seluruh dunia tersebut.

Tak ayal, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani ternyata ambil perhatian. Ia kemudian menyampaikan menyambut baik aksi tersebut.

Bahkan ia menyampaikan aksi bersih sampah harus menjadi gerakan kesadaran bagi setiap kalangan.

“Karena hanya dengan kesadaran-lah penanggulangan sampah dapat dilakukan. Kalau hanya rutinitas, sampah akan selalu jadi musuh,” kata Bupati kepada wartawan di Pandan, Selasa (17/9/2019).

Bupati berharap, bersih-bersih sampah seperti yang dilakukan WCD semakin sering dilakukan dan lebih melibatkan banyak pihak, termasuk komunitas dan kelompok masyarakat.

Baca juga  Seriusi Pemberantasan Narkoba, Polres Tapteng, bongkar 8 kasus diawal tahun

“Di jajajaran PNS dan Pegawai, termasuk keluarga, saya juga terus mengingatkan agar tidak hanya membuang sampah pada tempatnya, tapi ayo minimalisir, kurangi penggunaan terutama plastik yang memang jadi limbah paling berbahaya,” ujar Bupati.

Dia mengapresiasi komitmen anak-anak muda yang terlibat di WCD Tapanuli Tengah. Dia juga mengajak seluruh elemen agar terlibat dalam aksi tersebut, terkhusus kelompok-kelompok masyarakat yang bersinggungan langsung dengan kepariwisataan.

“Apalagi delapan titik aksi WCD di Tapteng melibatkan objek-objek wisata, kita bangga dan senang, ini akan membantu menggelorakan semangat bersih di objek wisata,” katanya.

Terpisah, Leader WCD Tapteng Afrizal Prima Akhir Pohan akrab disapa Pimpin, mengapresiasi dukungan Bupati Tapanuli Tengah.

“Dukungan pak Bupati sangat berarti dalam aksi ini, kami tentu sangat bangga,” katanya di Pandan.

Baca juga  Viral, Calon Pengantin Pria Kabur Padahal Pesta Tinggal 1 Hari Lagi

Pimpin mendukung pernyataan Bupati terkait kebersihan yang harus menjadi gerakan kesadaran hingga ke setiap individu masyarakat.

“Pasca WCD nanti, kami pikir ini tidak boleh berhenti, kami akan terus gagas aksi-aksi selanjutnya yang lebih massif dan lebih melibatkan banyak kelompok dan komunitas,” ujarnya.

Sementara itu dia menjelaskan 8 titik aksi WCD yang akan digelar dipusatkan di objek-objek wisata. Di antaranya di Pantai Indah Pandan (PIP), Pantai Sisangge-sangge, Makam Mahligai, Air Terjun Sipitu-pitu, Makam Papan Tinggi, Air Terjun Sihobuk, Pantai Binasi dan Air Terjun Gorbus.

“Pusat WCD akan berlangsung di PIP, ratusan partisipan kita targetkan terlibat, termasuk teman-teman Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di objek-objek wisata,” ungkap Pimpin. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan