Dihadiri Kapolres Sibolga, Pengibaran Bendera dari Bawah Laut oleh Komantab, Berjalan Sukses

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Sibolga – Prosesi upacara pengibaran bendera Republik Indonesia dari bawah laut di perairan Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara yang dilaksanakan Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), berjalan sukses, Minggu (18/8/2019).

Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja hadir dan mengikuti prosesi upacara dan pengibaran bendera yang dilaksanakan di tepian pantai.

Kasat sabhara AKP Agus Adhitama dipercaya menjadi inspektur upacara pada pengibaran kali ini.

Tampak puluhan peserta berbaris di tepian pantai. Sejumlah penyelam dipimpin Maecenas Adhara Donnya dan Rahmand Maulana Harahap menggerek bendera dari dasar laut. Lagu Indonesia Raya mengiring sepanjang proses pengibaran berlangsung. Kapal Polairud, Basarnas dan sejumlah kapal lainnya melakukan penjagaan.

Baca juga  Bocah 2,5 tahun tewas di tangan paman Kandungnya

Sementara di Bungker Poncan prosesi pengibaran bendera dipimpin Afrizal Prima Akhir Pohan dan belasan pramuka. Di laut bendera dikibar berukuran 2xmeter, sementara di Bungker Poncan yang terletak puncak bukit, bendera yang dikibarkan berukuran 4×6 meter.

AKP Agus Adhitama dalam amanahnya mengapresiasi pengibaran bendera tersebut. Dia juga menyebut bangga dengan kegiatan yang bertujuan positif tersebut.

“Ini adalah kegiatan yang harus didukung, karena muaranya tentu sangat positif, apalagi bagi generasi muda,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja mengatakan aksi-aksi lingkungan harus terus digalakkan untuk mendorong penyelamatan lingkungan.

“Kampanye perlindungan lingkungan harus terus kita gelorakan, karena kitalah yang melindungi lingkungan dan alam kita ini,” katanya.

Baca juga  Kejar Tayang, DPRD Sibolga Bahas Anggaran dengan Pemerintah Daerah

Pengibaran bendera ini menjadi rangkaian Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komantab sepanjang dua hari sejak Sabtu (17/8/2019) dan Minggu (18/8/2019).

Selain pengibaran bendera dan upacara, sejumlah kegiatan lain yang digelar antara lain: aksi bersih pantai, kemping pinggir pantai, belajar panahan, diskusi lingkungan dan peletakan artificial reef.

Kegiatan hari ini selain kembali diramaikan ratusan peserta yang berasal dari lintas komunitas di Sumatera Utara, sejumlah pejabat juga terlihat hadir. Di antaranya Kasatlantas AKP Akbar Lubis, Kabag Sunda, Kompol Irianto, Kabag Ops, AKP R Sihombing dan Kasat Reskrim, AKP D Harahap. Tampak juga Kordinator Pos SAR Sibolga Hari Susanto. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan