Bupati Tapteng Tinjau Karhutla, Sekaligus Himbau Masyarakat Jangan Bakar Lahan

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani meninjau lokasi Karhutla yang terjadi di wilayahnya, Selasa (17/9) sore.

Kobaran api yang berjarak 200 meter dari tepi jalan. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di lahan perbukitan Lingkungan IX dan Lingkungan X Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Pada kesempatan itu, Bupati menginstruksikan Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tapteng dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk memadamkan sampai tuntas karhutla di perbukitan Kelurahan Hutabalang Kecamatan Badiri.

“Saya sudah tinjau langsung lokasi kebakaran dan hingga kini usaha pemadaman masih dilakukan. Seluruh tim terkait koordinasi dan atasi karhutla ini hingga tuntas, benar-benar padam apinya. Kita sudah lihat bagaimana dampak kebakaran dan asap telah menjadi malapetaka di banyak daerah di Indonesia. Jangan sampai ini terjadi di Tapanuli Tengah. Karena itu, saya menghimbau seluruh warga jangan melakukan pembakaran sembarangan, apalagi membiarkannya meluas,” kata Bakhtiar Ahmad Sibarani saat menuruni bukit lokasi karhutla.

Baca juga  Jambret HP Diamankan Satreskrim Polres Tapteng, Satu Masih Pelajar

Sementara itu, Kepala Satpol PP Tapteng Jontriman Sitinjak, melalui Kabid Damkar Lukman Situmeang, mengatakan titik api di perbukitan Kelurahan Hurabalang pada Selasa (17/09/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB dan semakin membesar pada pukul 18.00 WIB.

“Untuk mengatasi Karhutla itu, Damkar Satpol PP Tapteng dikerahkan 2 unit dengan personil 40 orang, bantuan Damkar Kota Sibolga 2 unit dengan personil 30 orang, Damkar Bandar Udara Dr. FL. Tobing 1 unit beserta personilnya. BPBD Tapteng mengerahkan 1 unit Mobil SRC dengan 60 orang personil. Kebakaran meluas hingga jauh ke perbukitan. Personil gabungan termasuk aparat Kepolisian dan TNI masuk ke lokasi kebakaran. Sekitar 15 Ha lahan yang terbakar sejak kemarin pagi hingga tuntas padam hari ini Rabu (18/09/2019) pukul 06.00 WIB,” kata Lukman Situmeang.

Baca juga  IRT di Tapteng Laporkan Adik Ipar ke Polisi

Kasatpol PP Tapteng Jontriman Sitinjak, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam memadamkan Karhutla di Kelurahan Hutabalang Kecamatan Badiri dan mengatakan himbauan Bupati Tapteng agar dapat diindahkan masyarakat. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan