Bupati Panen Sayuran, Dorong Ketahanan Pangan Diawali dari Perkantoran

  • Whatsapp
upati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi oleh Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul bersama Forkopimda Tapanuli Tengah dan Pimpinan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar Panen Perdana Sayuran, Rabu (27/05/2020).

BeritaTapanuli.com, Pandan – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi oleh Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul bersama Forkopimda Tapanuli Tengah dan Pimpinan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar Panen Perdana Sayuran, Rabu (27/05/2020).

Sebagaimana mendorong Program Ketahanan Pangan, Pemkab Tapteng mengawali dengan penanaman sayuran berlokasi di wilayah Kantor Bupati Tapteng.

Bupati menyampaikan, penanaman sayuran ini merupakan program prioritas Nasional dan Tapteng, sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Tapteng agar tidak bergantung kepada produk dari luar daerah Tapteng.

Dan ia menginstruksiakan Program Ketahanan Pangan ini akan digalakkan secara gencar hingga ke desa-desa yang ada di wilayah Tapteng.

“Ketahanan Pangan ini juga sesuai dengan arahan Food and Agriculture Organization (FAO), salah satu organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang menangani tentang Pangan Dunia.” Terang Bupati disela panen sayur dilokasi kantor.

Pada acara Panen Perdana Sayuran itu, Bupati juga menyampaikan pentingnya memberhasilkan Ketahanan Pangan di Tapteng.

“Hari ini merupakan panen perdana di Halaman Kantor Bupati Tapanuli Tengah, yang kita panen ini ada Sayur Bayam Hijau, Bayam Merah, dan Kangkung.” Urainya.

Baca juga  Tim Pengawas Orang Asing di Padangsidimpuan Dibentuk

Ia mengaku melakukan hal itu, terinspirasi dari Kabaharkam Mabes Polri.

“Saya melihat di media Beliau menggalakkan seperti ini dan saya tertarik dan menurut saya ini juga sangat logis untuk dilakukan, sehingga saya terinspirasi untuk memberhasilkannya. Apalagi ini merupakan program prioritas nasional dan Kabupaten Tapanuli Tengah,” tutur Bupati.

Dalam kesempatan itu, ia beharap hal tersebut menjadi contoh bagi masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai salah satu contoh dan akan terus kita galakkan, Dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan mengeluarkan surat ke kecamatan untuk selanjutnya diteruskan ke para Kepala Desa dan Lurah agar masyarakat dapat memanfaatkan lahannya yang kosong untuk dapat menanami dengan tanaman sayuran dan palawija,” lanjutnya.

“Kedepannya, kita berencana akan menanam Jagung dan Ubi karena dari hasil panen yang kita gelar hari ini membuktikan bahwa tanahnya termasuk subur. Jadi kita akan minta agar seluruh Kantor Pemerintah hingga desa dan masyarakat agar melakukan penanaman pangan ini. Kami juga meminta kepada instansi TNI-Polri hingga ke bawah agar melaksanakan hal yang sama sebagai contoh ke masyarakat. Kita tidak tau kapan Covid-19 ini berakhir tapi kita juga harus mampu mengantisipasi kelangkaan pangan mulai sejak dini,” ungkapnya.

Baca juga  Terlibat Narkoba, OAL Alias O Ditangkap Polisi

Sementara itu, ia mengaku telah berhasil mendapatkan Pupuk NPK secara gratis sebanyak 57 ton dan Herbisida sebanyak 2.280 liter.

Dan akan disalurkan kepada kelompok tani sehingga walaupun terjadi kelangkaan pupuk, Petani Kabupaten Tapanuli Tengah tetap dapat beraktifitas seperti biasa.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar turut serta menanam berbagai tanaman pangan dan mensukseskan program swasembada pangan yang saat ini sedang kita digalakkan karena tanah di Tapteng kita ini termasuk subur.

Panen Perdana Sayuran ini turut dihadiri oleh Forkopimda Tapteng (Danlanal Sibolga, Dandenpom 1/2 Sibolga, Dandim 0211/TT diwakili Kasdim, Kapolres Tapanuli Tengah diwakili oleh Kabag Ops, mewakili Kajari Sibolga), Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Tapteng, Sekretaris Daerah Tapteng, Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda Tapteng, para Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Tapteng, serta Camat se Tapteng. (Ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan