Bumil Asal Padangsidimpun Terkonfirmasi Covid-19, Melahirkan di RSUD Tarutung

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Taput – Seorang ibu hamil (Bumil) asal Padangsidimpuan terkonfirmasi Covid-19 .

Kabar ini dibenarkan oleh Direktur RSUD Tarutung dr. Janri A. Nababan. Ia memastikan, Tim Kesehatan RSUD Tarutung melakukan Operasi Sesar terhadap pasien terkofirmasi Covid-19 tersebut.

“Ya, telah melahirkan di RSUD Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara (Sumut), Jumat (11/9/2020).” Jelasnya.

Lebih lanjut dirut RSUD Tarutung itu menjelaskan pada proses melahirkan, sang pasien dilakukan Operasi Sesar secara hati-hati, dilakukan oleh dr. Tunggul Pasaribu, Sp.Og beserta Tim Neonatal RSUD Tarutung.

“Benar, pasien kita yang terkonfirmasi Covid-19 melahirkan dan langsung ditangani oleh dokter spesial beserta Timkes kita,” ujar Janri Nababan.

Ia juga menambahkan, pasien tersebut, masuk ke RSUD Tarutung menjalani perawatan pada Kamis (10/9/2020) pukul 20.15 WIB.

Baca juga  Dua orang DPO BNN atas 55 kg Sabu dan 6 Bungkus Ekstasi Berhasil Diamanakan Polres Taput

“Pasiennya, sebelumnya di RS Meta Medika Sidimpuan. Pasien sudah pecah ketuban, dan si pasien di rapid oleh rumah sakit di sana yang dinyatakan reaktif, sehingga di rujuk ke RSUD Tarutung,” kata Janri.

“Tiba di RSUD Tarutung, dilakukan pengambil sampel untuk di Swab yang dinyatakan positif. Dan Puji Tuhan, tadi jam 12.00 WIB, dilakukan operasi sesar dipimpin langsung oleh dr. Tunggul dan bayi sehat dan tidak dinyatakan positif Covid-19 hasil Swab. Sementara si Ibu juga tetap sehat walaupun terkonfirmasi Covid-19 dengan status tanpa gejala,” ungkapnya.

Terpisah, dr. Tunggul Pasaribu ,Sp.Og yang memimpin langsung operasi mengatakan sangat eksra hati-hati dalam melakukan operasi sesar.

“Yah, harus ekstra hati-hati, dan ini baru pertama kali saya melakukan operasi sesar pada pasien terkonfirmasi Covid-19, karena kalau kita silap sedikit, dampaknya bahaya bagi pasien dan tim kesehatan yang menangani,” ungkapnya.

Baca juga  Raju Hutagalung : DPR-D Kota Sibolga di Nilai Anti Kritik

Dr. Janri juga menambahkan bahwa untuk saat ini ruang operasi atas inisiatif Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan bagi pasien yang menderita penyakit menular dalam tahap proses pembangunan, diharapkan segera rampung sehingga dapat digunakan.

“Yah..ruang operasi bagi pasien yang menderita penyakit menular berbahaya masih tahap proses pembangunan, dan ruangan operasi ini atas inisiatif Bapak Nikson Nababan. Ruang Operasi ini berada di samping ruang isolasi kita, sehingga dapat meminimalisir penularan penyakit, dan semoga ruang operasi tersebut cepat selesai,” pintanya. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan