Berikut Tips Pertolongan Pertama Pada Anak Tenggelam Yang Harus Diketahui

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com – Kepanikan terkadang sering menjadi langkah penghalang dalam menyelamatkan seseorang anak yang tenggelanm.

Apalagi anak di bawah usia 5 tahun lebih rawan tenggelam. Jangankan di laut atau di kolam, dalam bak mandi dan ember saja, anak bisa saja tenggelam.

Jika sudah begitu, kaum ibu dan bapak tentu akan panik setengah mati. Tapi, sebaiknya jangan dulu ya. Sebaiknya harus fokus melakukan pertolongan pertolongan pertama kepada si kecil.

Penting bagi orang tua untuk tahu apa yang harus dilakukan, pertama kali ketika menemukan Si Kecil tenggelam.

Terkadang akibat tidak mengetahui hal yang tepat untuk dilakukan, kerap kali orang tua malah melakukan hal yang malah tanpa sengaja cenderung membahayakan anaknya.

Seperti apa sih pertolongan pertama yang benar jika Si Kecil tenggelam? Cari tahu yuk!

1. Keluarkan Anak Dari Air

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah segera keluarkan Si Kecil dari air untuk menghindari lebih banyak air masuk ke dalam tubuhnya.

Baca juga  Update : Data Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Tapteng Hingga Minggu 3 Mei 2020 Pukul 12.00 WIB

Tempatkan Si Kecil di tempat yang aman. Posisikan terlentang. Keringkan badannya dan balut dengan selimut atau handuk agar tetap hangat.

2. Lakukan CPR

• Cek nafas dan respons

Cek nafas Si Kecil dengan mendekatkan telinga ke mulut dan hidung Si Kecil. Apakah merasakan udara di area pipi atau tidak?

Apakah dada Si Kecil bergerak turun naik? Saat melakukan pengecekan, bisa lewat memanggil nama Si Kecil untuk mengecek respons.

• Beri nafas buatan

Jika tidak ada udara yang keluar dari mulut dan hidung Si Kecil, segera beri nafas buatan. Hal pertama yang harus di lakukan adalah membuka jalan nafas.

Lakukan head tilt (posisikan kepala sedikit mendongak) dengan mendorong perlahan dari Si Kecil dengan telapak tangan.

Lakukan juga chin tilt (angkat dagu ke atas) dengan satu jari. Beri nafas buatan selama lima kali berturut-turut. Lihat respons.

Baca juga  Ngaku Cemburu, Selingkuhan Malah Unggah Foto Tanpa Busana di Facebook

• Beri tekanan pada bagian dada

Jika belum ada respons, lakukan tekanan pada bagian dada. Letakkan dua jari tepat di tengah-tengah dada Si Kecil. Beri tekanan cepat sebanyak 30 kali. lihat respons.

3. Cari Bantuan

Setelah melakukan kedua cara di atas, langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah mencari bantuan.

Segera telepon nomor darurat untuk meminta bantuan medis. Jelaskan pula bagaimana kondisi anak saat ini kepada petugas medis.

4. Gendong Untuk Pemulihan

Setelah Si Kecil bisa bernafas kembali, gendong dengan posisi kepala di lengan. Posisikan kepala Si Kecil lebih rendah sedikit dari badannya. Terus cek nafas dan denyut nadi sampai bantuan datang.

Itulah beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama saat anak tenggelam. Jangan panik dan lakukan dengan benar (Sumber : Parenting.orami.co.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan