Babinsa 01/Barus Laksanakan Komsos Dengan Masyarakat Nelayan

  • Whatsapp

TAPTENG, BERITATAPANULI. COM– Bintara Pembina Desa Koramil 01/Barus Jajaran Kodim 0211/TT melaksanakan Komunikasi Sosial dengan masyarakat nelayan binaannya. Selain memberikan sejumlah arahan, Serda Darsono juga mengingatkan binaannya agar tetap memperhatikan keselamatan saat melaut.

Serda Darsono, Babinsa Sitiris-tiris, Kecamatan Andamdewi, Kabupaten Tapanuli Tengah kerapkali menyambangi warga binaannya ke lokasi kerja. Disela Komsos, Serda Darsono juga mengingatkan warga nelayan agar tidak mempergunakan alat tangkap ikan yang dilarang oleh Undang-Undang.

“Komsos yang dilakukan Babinsa dengan masyarakat binaannya, dengan menyambangi masyarakat ke lokasi kerja. Bahkan kerapkali Babinsa terlibat membantu pekerjaan warga,” ujar Dandim 0211/TT melalui Danramil 01/Barus, Kapten Inf Syahrial Batubara, Senin (18/3/2019).

Baca juga  Pantang Surut, Semangat Satgas TMMD 108 Kodim 0211/TT, Tetap Berjalan Meski Cuaca Ekstrim

Babinsa Sitiris-tiris, Serda Darsono senantiasa menyampaikan kepada para nelayan agar menjaga kelestarian laut. Apalagi laut merupakan tempat mencari rezeki bagi nelayan.

“Nelayan diingatkan agar jangan sekali-kali menangkap ikan dengan cara menggunakan bahan peledak atau bom. Sebab, cara itu akan merusak biota yang ada dilaut, ” terang Danramil.

Selain itu, para nelayan juga diminta untuk tetap memperhatikan keselamatan pada saat mencari ikan di laut. Agar selalu memperhatikan situasi, kondisi cuaca serta iklim.

“Bila dirasa cuaca tidak memungkinkan, jangan dipaksakan untuk melaut. Karena hal itu bisa membahayakan bagi nelayan. Jagalah kesehatan dan faktor keamanan diri pribadi,” pesannya.

Baca juga  Jurtul KIM, Ditangkap di Sibolga Julu

Disamping melaksanakan Komsos, Serda Darsono juga ikut serta membantu masyarakat nelayan. Yakni, berupa menurunkan hasil tangkapan ikannya ke daratan untuk di jual ke pasar atau bentuk kegiatan lainnya.

“Serda Darsono sering datang dan memberikan nasehat kepada para nelayan disini. Tidak enggan turut serta membantu kami menurunkan hasil tangkapan. Kiranya kebersamaan ini akan tetap terjalin baik. Terimakasih buat Pak Babinsa yang sudah peduli kepada kami masyarakat nelayan, ” sebut M. Hutagalung (42), warga Sitiris-tiris. (SAM/BT).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan