AMPI ingatkan KPU dan Bawaslu Tapsel bekerja sesuai peraturan

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapsel – DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Tapanuli Selatan mengingatkan penyelenggara KPU dan Bawaslu bekerjalah sesuai peraturan.

Banyak informasi yang tersadur dari beberapa media online dan media sosial bahwa relawan atau tim sukses pasangan calon kepala daerah saling melakukan promosi kandidatnya dengan kemasan yang baik dan positif, ungkap Sekretaris DPD AMPI Tapsel, Khairul Arief, Selasa (10/11)

“Seharusnya pihak penyelenggara pemilu melakukan sosialisasi sistem kampanye dan mekanisme kampanye sesuai aturan main, jangan sempat ada relawan melakukan kampanye dengan mengklaim kegiatan kepala daerah Tapanuli Selatan yang masih aktif, ini kan jadi repot,” katanya.

Baca juga  Polres Padangsidimpuan Tangkap Pengedar Narkoba, Satu ASN Jadi DPO

Akan tetapi penyelenggara juga maunya menyampaikan kepada media atau rekan wartawan, siapa – siapa saja relawan pendukung yang terdaftar dibarisan kandidat secara resmi, kan ada aturannya, ucap Arief.

“Semua kelompok relawan yang berniat ikut mengampanyekan harus didaftarkan ke KPU, dan silahkan mengklaim calon kepala daerahnya. Itu bagian partisipasi politik dan kebebasan mengeluarkan pendapat yang dijamin konstitusi,” kata kader AMPI Tapsel itu menambahkan.

Untuk PKPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Kampanye, disebutkan bahwa setiap Paslon seharusnya menyerahkan daftar relawannya sehari sebelum dimulainya masa kampanye, mengingat ada dua calon kepala daerah seharusnya KPU menyampaikan ini kepada masyarakat luas biar tidak bias informasi, harapannya.

Baca juga  Belasan Anak SMK Diamankan Saat Minum Tuak di Pakter

Terkhusus kepada Bawaslu, jika ditemukan pelanggaran yang tidak sesuai aturan main silakan proses, baik teguran atau lainnya, itu harapannya agar pelaksanaan pesta demokrasi di Tapanuli Selatan dapat menjadi edukasi yang baik bagi pemilih di bumi Tapanuli jelang 9 Desember mendatang.

Ingat tidak hanya AMPI saja yang bisa mengingatkannya, seluruh elemen-elemen masyarakat kepemudaan dan oraganisasi lainnya juga dapat mengingatkan penyelenggara pemilu sehingga pesta demokrasi kita berjalan sesuai rel nya, harapnya.(r)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan