Temui Menteri Kelautan dan Perikanan, Ini Sejumlah Program yang Disampaikan Bupati dan Walikota

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Jakarta – Dalam rangka mendorong akselerasi pembangunan  pada sektor Kelautan dan Perikanan, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan beserta rombongan bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono di Gedung Mina Bahari IV, lantai 16, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta, Senin (22/03/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati dan Wali Kota Sibolga itu memaparkan potensi unggulan bidang Kelautan dan Perikanan di dua daerah tersebut.

Selain itu, juga menyampaikan usulan pembangunan yang diterima langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono.

Bupati dan Wali Kota juga mengundang Menteri KP untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

Secara khusus, Bupati dan Wali Kota memohon adanya solusi percepatan pengurusan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), yang saat ini menjadi polemik penyebab terkendala melaut, bagi nelayan di Sibolga-Tapanuli Tengah serta beberapa daerah lainnya.

“Saya selaku Bupati Tapanuli Tengah bersama Wali Kota Sibolga abanganda Jamaluddin Pohan dan rombongan menemui Menteri Kelautan dan Perikanan Bapak Sakti Wahyu Trenggono untuk memaparkan potensi unggulan sektor Kelautan dan Perikanan yang besar di kedua daerah dan memohon perhatian Bapak Menteri untuk dapat merealisasikan percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan taraf hidup nelayan dan masyarakat pesisir yang ada di kedua daerah” kata Bakhtiar.

Baca juga  Lagi, Bandar Narkoba Terciduk, 10 Paket Kecil Turut Diamankan

“Terkait usulan yang kami sampaikan, Bapak Menteri merespon positif dan kita mengundang Beliau untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga. Beliau menyampaikan, akan mengatur jadwal agar bisa  berkunjung ke dua daerah,” lanjutnya.

Terkait hal itu, Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono, kemudian berjanji akan melakukan kajian ulang tentang perizinan yang bermasalah, serta akan berkunjung langsung ke Sibolga-Tapteng.

Menteri KP secara khusus berharap kepada Bupati dan Wali Kota untuk dapat mengembangkan budidaya perikanan, selain mengembangkan perikanan tangkap, serta meningkatkan program asuransi nelayan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan jiwa nelayan dan keluarganya.

Baca juga  Pimpin Sertijab Kapolres Tapteng Beri Penegasan

Untuk Program Budidaya, Menteri KP menawarkan budidaya ikan air payau dan tawar, budidaya benur lobster, kepiting dan rajungan yang mengacu pada Permen KKP nomor 12/permen-kp/2020 tentang Pengelolaan Kepiting, Lobster, dan Rajungan di Wilayah Negara Republik Indonesia.

Saat menerima kunjungan Bupati dan Wali Kota, Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono didampingi oleh Plt Dirjen Perikanan Tangkap, Dr. Ir. Muhammad Zaini Hanafi, M.Si dan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Ir. Artati Widiarti, MA.

Bupati juga didampingi oleh Staf Khusus Menhan Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Willy Saputra Silitonga, SH dan Kepala Bappeda Tapteng Anton Sujarwo BS, S.STP, MM. Adapun Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan didampingi oleh Ketua DPRD Kota Sibolga Ahmad Sukri Nazri Penarik, Anggota DPRD Kota Sibolga Obby Obby Putra Hutagaol dan Andika Pribadi Waruwu, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Sibolga Hendra Darmalius. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan