Sebanyak 20 Siswa Berprestasi Terima Beasiswa dari Pemkab Tapteng

53

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Sebanyak 20 orang siswa-siswi asal Tapanuli Tengah (Tapteng) yang berprestasi namun tidak mampu yang lulus di Perguruan Negeri mendapat bantuan beasiswa dari Pemerintah Tapanuli Tengah.

Beasiswa senilai Rp 12 juta rupiah per semester ini, akan didapatkan oleh setiap orang yang diserahkan langsung oleh Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani pada Puncak HUT Tapteng ke 74 tahun, Sabtu (24/08/2019).

Ket. Gbr : Warga Sarudik penerima tali kasih dari pengusaha perikanan

Bupati menyampaikan, sesungguhnya sudah menjadi kewajiban pemerintah mendorong SDM unggul. Apalagi mereka memiliki prestasi.

Banyak orang kaya anaknya tidak ingin kuliah, dan sebaliknya banyak orang yang tidak mampu anaknya ingin kuliah.

“Disitulah Pemerintah harus hadir, bahwa orang yang kurang mampu namun ingin kuliah dan berprestasi pemerintah wajib mengkuliahkannya sampai sarjana,” ucap Bakhtiar.

Sambutan Bupati itupun kemudian disambut tepuk tangan oleh masyarakat yang turut memeriahkan Hari Jadi Kabupateng Tapteng itu.

Namun demikian, siswa berprestasi yang telah menerima bantuan beasiswa telah melakukan kontrak selama lima tahun dengan Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah.

“Hari ini kita menyampaikan beasiswa bagi siswa – siswi Kabupaten Tapanuli Tengah yang kuliah dan lolos perguruan tinggi, namun orangtuanya tidak mampu mengkuliahkannya sampai tamat. Lima tahun sudah teken kontrak di Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah atas nama Pemerintah menjamin lolos tanpa mengeluarkan uang satu rupiah,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, dengan adanya bantuan beasiswa tersebut, semoga dapat bermanfaat dan mereka yang berkeinginan maju dapat menuntut ilmu di perguruan tinggi nantinya, tanpa adanya beban pikiran mengenai biaya kuliah.

“Kami sayang kepada siswa-siswi berprestasi yang niatnya ingin sekolah tapi tidak mampu, kami berharap kalian ini semua kalau bisa menjadi bupati dan pengusaha nantinya buktikan bahwa kalian-kalian ini mampu, semangat terus sanyangi orantua kalian,” ucapnya.

Ia juga mengisahkan siapa dirinya dihadapan siswa sebelum memberikan bea siswa. Bupati berpesan untuk tidak patah semangat.

“Saya dulu, orang tua saya tidak mampu tapi saya tidak pernah patah semangat, saya terus berjuang hingga sampai saat ini telah menjadi Bupati Tapanuli Tengah, jadi tidak ada alasan bagi kalian tidak sekolah, kami dan pak Wakil pasti mendorong, kami akan berikan dua juta setiap bulan, dua juta memang tidak banyak, kalau sudah selesai kuliah nanti ternyata cumlaude ingin meneruskan ke S2 kita akan bantu kenapa tidak, semangat terus ya sayang, ya anakku,” ucapnya.

Selain memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang berprestasi, sebanyak 350 warga dari Kecamatan Sarudik mendapatkan bantuan tali kasih dari beberaa perusahan yang bergerak di bidang perikanan yang beroperasi di Pondok Batu, Kecamatam Sarudik.

“Hari ini juga ada sebanyak 350 orang dari Pondok Batu, Sarudik, akan menerima tali kasih dari pengusaha perikanan,” ungkapnya.(BT)

Loading...