Diundang WHO, Giliran Menteri Kesehatan RI Diapresiasi Luar Negeri

  • Whatsapp

Berita Tapanuli – Penangangan pandemi Covid-19 di Indonesia ternyata mendapat perhatian serius dari luar negeri.

Termasuk diantaranya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dilansir dari Detik.com, disebutkan, Menkes RI Terawan Agus Putranto diundang WHO dalam konferensi pers virtual.

Dalam rapat virtual tersebut akan membahas soal penanganan COVID-19, khususnya terkait Intra-Action Review (IAR) COVID-19.

Kabar ini juga dibenarkan pihak kementerian kesehatan RI. Bahkan, petinggi WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, akan berdiskusi dengan Menkes Terawan.

Baca juga  Polsek Sorkam Ungkap Identitas Mayat yang Ditemukan di Pasar

Demikian juga menteri kesehatan akan berdiskusi bersama menteri kesehatan dari negara lainnya.

“Para menteri kesehatan dari Indonesia, Afrika Selatan, Thailand, dan Uzbekistan akan bergabung dengan Direktur Jenderal WHO untuk berbagi pengalaman mereka dalam melakukan tinjauan aksi kesiapsiagaan dan respons COVID-19 mereka,” tulis WHO dalam pernyataannya seperti yang dilihat detikcom, Jumat (6/11/2020).

Panduan WHO untuk melakukan Intra-Action Review (IAR) bertujuan untuk meningkatkan respons negara agar tidak melewatkan peluang dalam menanggapi wabah COVID-19 di wilayah mereka.

Baca juga  Setelah Viral Video 'Anjing Jelmaan Anak SMP' di NTB, Begini Hasil Investigasi Polisi

Intra-Action Review (IAR) sendiri, menurut ahli epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Tri Yunis Miko, adalah perencanaan kegiatan Indonesia dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Pertemuan tersebut biasanya akan membahas apa saja yang sudah dilakukan oleh negara-negara terkait respons pandemi COVID-19.

“Jadi Indonesia membuat rencananya, lalu direview oleh WHO. Kemudian, dilihat ada yang bertentangan atau tidak dengan rencana yang dilakukan negara-negara lain,” jelas Miko saat dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020). (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan