Didampingi Babinsa Koramil 02/Sorkam,Giat Posyandu di Pahieme Berjalan lancar

  • Whatsapp

Beritatapanuli.com, Tapteng – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Sorkam Jajaran Kodim 0211/TT melakukan pendampingan kegiatan rutinitas Puskesmas Sorkam Barat, Senin (14/10/19).

Untuk diketahui, Puskemas setiap bulannya secara rutin melaksanakan kegiatan Posyandu ke desa-desa yang menjadi area rawatannya. Seperti halnya yang dilaksanakan Puskesmas wilayah Sorkam Barat.

Sesuai jadwal kegiatan, kali ini Puskesmas Sorkam Barat mengadakan Posyandu di Desa binaan yakni di Desa Pahieme I, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Guna memperlancar jalannya kegiatan Posyandu tersebut, Babinsa 02/Sorkam yakni Sertu Edi Herwanto bersama 3 rekannya melakukan pendampingan. Ke empat Babinsa tersebut memastikan kegiatan Posyandu berjalan dengan lancar, baik dan maksimal,” ucap Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex melalui Danramil 02/Sorkam, Kapten Inf Sudianto, Senin (14/10/19).

Adapun kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulannya, diantaranya, Penimbangan Balita, Pemeriksaan Ibu hamil, pengobatan gratis dan Pembinaan terhadap Kader-kader Posyandu dari Desa setempat.

Baca juga  Joko Pranata Situmeang Gelar Silaturahmi dan Sapa Warga di Tahun Baru

“Pada kegiatan itu juga, dilakukan pembagian susu kepada ibu-ibu hamil, serta pembagian bubur untuk anak Balita,” beber Danramil.

Pada saat kegiatan Posyandu berlangsung, Babinsa Koramil 02/Sorkam juga mengajak dan menghimbau ibu-ibu agar dapat secara rutin mengikuti kegiatan Posyandu. Yakni sesuai jadwal yang dicanangkan, terutama kepada ibu-ibu yang hamil dan yang mempunyai anak di bawah Usia 5 Tahun (Balita).

“Melalui Babinsa, kita menghimbau ibu-ibu hamil dan yang mempunyai balita agar rutin memeriksakan perkembangan kesehatan diri dan balita,” terang Sudianto.

Diharapkan, kata orang nomor satu di Koramil 02/Sorkam itu, dengan mengikuti kegiatan Posyandu secara rutin, ibu-ibu hamil dan balita dapat diketahui perkembangan kesehatannya. Baik itu janin dalam kandungan, ibu yang mempunyai balita serta balita itu sendiri.

“Pada kegiatan Posyandu, mereka akan mengetahui tahapan perawatan imunisasi. Hal itu bertujuan untuk mencegah anak terkena sejumlah penyakit. Seperti, polio, campak ataupun gizi buruk,” paparnya.

Baca juga  Seorang Bayi Positif Covid-19, Hembuskan Nafas Terakhir, Sempat Kejang

Di setiap desa juga dibentuk kader-kader Posyandu, seperti halnya di Desa Pahieme 1, Kecamatan Sorkam Barat,  Kabupaten Tapanuli Tengah. Kehadiran kader-kader ini diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan Posyandu.

“Juga peran aktifnya mengajak ataupun menghimbau ibu-ibu hamil dan yang mempunyai Balita di Desanya. Yakni, untuk datang secara rutin memeriksakan diri ke Posyandu, sesuai Jadwal yang telah ditentukan dari Pihak Puskesmas,” pungkas Danramil.

Menyikapi pendampingan yang dilakukan Babinsa, Petugas Puskesmas Sorkam Barat menyampaikan ungkapan terima kasih. Dengan pendampingan tersebut, tugas yang mereka laksanakan dapat berjalan lancar dan baik. “Makasih kepada Bapak-bapak Babinsa Koramil 02/Sorkam yang telah membantu meringankan tugas kami, ” ungkap perwakilan Petugas Puskesmas Sorkam Barat. (RB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan