Berani Pamer Dekorasi Natal di Jalan-Balkot Solo: Kalau Ada Protes, Ke Saya Aja

  • Whatsapp

Solo – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memamerkan dekorasi bertema Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Jalan Jenderal Sudirman, Solo.

Ia pun memperlihatkan dekorasi tersebut yang diunggah pada akun Twitternya, @gibran_tweet.

Persiapan natal di solo,” cuit Gibran pada Selasa (29/11), dikutip detikJateng pada Rabu (301/11/2022).

Tak hanya di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, dekorasi Natal juga nampak di Balai Kota Solo. Sejumlah hiasan Natal tampak terpasang di pohon beringin halaman Balai Kota Solo.

Sejumlah netizen mengkhawatirkan akan adanya protes kelompok tertentu terkait pemasangan dekorasi itu.

Kalau ada yang demo terus minta dilepas gimana mas?” komentar salah satu akun.

Saya akui anda pemimpin muda yang berani dan gak takut sama ormas yang paling bener itu,” tulis akun lainnya.

Di sini ormasnya adem semua pak,” balas Gibran.

Baca juga  Motif Pembunuhan Istri Kerabat Jokowi, Pelaku Kesal Ditagih Hutang

Saat ditemui, Gibran memuji dekorasi Nataru itu bagus. Dia ingin menyampaikan pesan jika Balai Kota Solo ada ruang terbuka untuk semua elemen masyarakat.

“Balai Kota dan Jalan Jenderal Sudirman adalah public space yang bisa digunakan semua paguyuban, komunitas, kelompok apa pun. Kemarin sudah ada lampion Imlek, lampion Idul Fitri, lampion bulan Suro, lampion 17-an, karena ini mendekati Nataru, lampion dan dekorasinya Natal,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota, Rabu (30/11/2022).

Dekorasi bertema Natal dan Tahun Baru (Nararu) di kompleks Balai Kota Solo, Rabu (30/11/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

Hingga saat ini, Gibran mengatakan belum ada yang protes terkait pemasangan dekorasi tersebut. Namun, dia mempersilakan jika ada pihak yang merasa keberatan.

“Kalau ada yang protes, proteso neng aku (protes ke saya). Dibiasakan untuk toleran,” tandas Gibran.

Baca juga  Wakil Bupati Meninggal, Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dihubungi terpisah, Ketua Pelaksana Panita Bersama Natal Kota Solo 2022, Sumartono, mengatakan pesan dari Gibran ingin mem-branding Solo sebagai kota bhinneka, wisata dan mengangkat UMKM. Salah satunya dengan pemasangan dekorasi pada saat peringatan hari besar.

“Ada 13 pohon Natal di Gladak sampai Balai Kota, nanti ada boneka salju. Nanti di halaman Balai Kota ada lampion Santa Claus dengan enam rusa dan lampion lilin. Di atas Kali Pepe kita pasang tirai dengan pernak-pernik Natal, termasuk di atas Pasar Gede ada malaikat,” kata Sumartono.

Proses pemasangan sudah dipersiapkan sejak dua bulan lalu. Tanggal 1 Desember mendatang baru akan dinyalakan. Dia berharap, tak ada pihak yang protes dalam pemasangan dekorasi ini karena Solo memiliki masyarakat yang majemuk. (*/det)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan