Awasi Protokol Kesehatan Menuju New Normal Covid, 3.987 Polisi Disebar

  • Whatsapp

Jakarta – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus menuturkan, akan menerjunkan sebanyak 3.987 personel kepolisian.

Hal ini, untuk mengawasi dan mendisiplinkan masyarakat, agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB.

Sebagaimana pemerintah menerjunkan TNI-Polri di sejumlah daerah bukan untuk menakuti rakyat. Namun, pengerahan tersebut ke-4 provinsi dan 25 kabupaten/kota untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

“Dalam mengawasi masyarakat, kita tetap tidak lepas dari protokol kesehatan yaitu menjaga kebersihan dan menggunalan masker. Kita siapkan tempat cuci tangan dan yang terakhir jaga jarak,” ujarnya di Mako Polda Metro Jaya, Rabu (27/5/2020).

Petugas kepolisian akan diperkuat personel TNI dan Satpol PP serta Dinas Perhubungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Personel tersebut nantinya akan disebar di sejumlah titik keramaian yang akan kembali dibuka sejalan dengan kembalinya aktivitas warga Jakarta dan sekitarnya dalam tatanan kehidupan normal baru.

Baca juga  Gibran Melaju di Pilkada Solo, Pilkada Rasa Nasional

Polda Metro Jaya, menurut Yusri, akan terus mengedepankan pendekatan humanis dalam pelaksanaan protokol kesehatan menuju tatanan normal baru. “Intinya kita lakukan secara persuasif, edukatif dan juga humanis. Itu yang akan kita lakukan,” katanya.

Yuri menyebutkan, Polda Metroa segera menyiapkan prosedur penanganan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan saat era normal baru di tengah pandemi Covid. “Besok rencana kita akan rapat dengan para Kapolres karena memang yang dikedepankan di sini adalah mengawasi dari TNI maupun Polri,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan akan mengerahkan pasukan TNI dan Polri ke 1.800 titik di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota untuk mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan demi menuju kondisi normal baru.

Baca juga  Empat Pemain Akan Perkuat Skuat Timnas Garuda di Piala AFC U-23

“Mulai hari ini akan digelar oleh TNI dan Polri, pasukan untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka mendisiplinkan, lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB. Akan digelar di 4 provinsi dan 25 kabupaten kota mulai hari ini,” kata Presiden Jokowi, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Presiden Jokowi juga meninjau Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat dan Mal Summarecon, Bekasi untuk meninjau kesiapan penerapan prosedur standar normal baru di sarana publik dan sarana perniagaan. (Sumber : Inews.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan