Akhirnya Jaksa Agung Tetapkan 4 Orang Sebagai Tersangka Terkait Migor

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com – Jaksa Agung menetapkan sebanyak empat orang tersangka diduga penyebab langkanya minyak goreng di tanah air.

Kajagung menjelaskan dari hasil pemeriksaan 19 orang saksi, 596 dokumen dan juga keterangan ahli ditemukan bukti permulaan yang cukup.

“Tersangka ditetapkan empat orang, pertama pejabat eselon 1 pada Kementerian perdagangan, inisial IWW, Direktur Jendral perdagangan luar negeri,” kata Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dalam konferensi pers, Selasa, 19 April 2022.

IWW disangka telah melawan hukum dengan menerbitkan persetujuan ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan produk turunannya kepada Permata Hijau Group, Wilmar Nabati Indonesia, PT Multimas Nabati Asahan, dan PT Musim Mas.

Baca juga  Harga Terjangkau, Temukan Bocoran Harga Mobil Esemka

Sementara, tiga tersangka lainnya berasal dari pihak swasta. Mereka adalah Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Group berinisial SMA, Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia MPT dan General Manager PT Musim Mas berinisial PT.

Menurut Jaksa Agung dari surat perintah Direktur penyidikan Jaksa Agung muda tindak pidana khusus nomor B17/F2/FB/042020 bertanggal 4 April 2022 menghasilkan temuan :

Pertama, adanya permufakatan antara pemohon dan pemberi izin dalam proses penerbitan persetujuan ekspor;

Kedua, dikeluarkannya persetujuan ekspor kepada eksportir yang seharusnya ditolak izinnya karena tidak memenuhi syarat yaitu,

Baca juga  Pratu Roy Gugur, Ditembak KKB Saat Bersih-bersih Usai Salat Subuh

Ketiga, mendistribusikan CPO atau RBD Palm Olein tidak sesuai dengan harga penjualan dalam negeri (DPO)

Keempat, tidak mendistribusikan CPO dan RBD Palm Olein ke dalam negeri sebagaimana kewajiban yang ada dalam DMO (20% dari total ekspor).

Dari empat orang tersangka tersebut Jaksa Agung mengatakan masih terus mendalami kasus kelangkaan Minyak Goreng di masyarakat.

“Siapa pun Pelakunya, kalau cukup bukti akan Kami lakukan, Saya lakukan penangan ini yang luar biasa karena memerlukan kecepatan makanya hari ini kita tetapkan tersangka dan hari ini kita tahan,” Tegasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan