Agincourt Resources Gelar Lomba Karya Jurnalistik 2023, Juara 1 Disabet Huyogo Simbolon

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Batangtoru (Tapsel) – PT Agincourt Resources (PTAR) mengumumkan pemenang Lomba Karya Jurnalistik 2023 Tambang Emas Martabe.
Gelaran kompetisi bagi para jurnalis media massa cetak, online, maupun elektronik di Indonesia dilaksanakan secara rutin oleh PTAR sejak tahun 2017.

Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Praktik Pertambangan Berkelanjutan di Tambang Emas Martabe: Tumbuh Bersama Masyarakat dan Lingkungan”.

Lahir sebagai Juara I adalah Huyogo Simbolon dari Liputan6.com dengan artikel berjudul “Kolaborasi Mengikis Mitos Tuberkulosis di Tapanuli Selatan.” Atas predikat itu, Huyogo memperoleh hadiah sebesar Rp17 juta.

Roganda Malau dari Kompas TV Medan meraih Juara II dengan judul liputan “Model Pertambangan Berwawasan Lingkungan dan Sosial di Batangtoru.” Ia membawa pulang hadiah Rp12 juta.

Sementara, Juara III disematkan kepada artikel bertajuk “Martabe Gold Mine Operator Aims to Rehabilitate 4.7 Ha of Land” karya Apriadi Gunawan dari The Jakarta Post. Apriadi berhak atas hadiah sebesar Rp8 juta.

Selain tiga pemenang utama, Juara Favorit diberikan kepada Dame Ambarita dari Metro Siantar yang menulis artikel berjudul “Serius Usung Isu Keberlanjutan, PTAR Bergerak dari Hulu hingga Hilir.” Dame mendapat hadiah uang tunai senilai Rp4 juta.

Baca juga  Polres Padangsidimpuan Tangkap Pengedar Narkoba, Satu ASN Jadi DPO

Kemudian, Juara Harapan I diraih oleh Ayu Prasandi dari Tribun Medan, Ali Imran dari Jarrakpos.com, Eko Kurniawan dari Waspada Online, serta Riswandi dari Realitas Online. Masing-masing pemenang mendapat hadiah sebesar Rp2,5 juta.

Sementara, untuk Juara Harapan II, yang masing-masing pemenang berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp1 juta, jatuh pada Wahyudi Aulia Siregar dari Okezone, Benny Setiawan dari Kliksumut.com, Arifin Al Alamudi dari IDN Times Sumut, dan Agatha Olivia Victoria dari Antara.

Selain berbagai hadiah tersebut, PTAR memberi kesempatan disertai imbalan tertentu kepada sejumlah pemenang untuk mengkontribusikan tulisannya.

Penganugerahan pemenang Lomba Karya Jurnalistik 2023 Tambang Emas Martabe digelar pada 13 April 2023 di Medan, bertepatan dengan acara Silaturahmi dan Buka Puasa Tambang Emas Martabe yang dihadiri puluhan wartawan.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jurnalis yang telah mengirimkan karya terbaiknya. Tercatat, sebanyak 37 karya jurnalistik ikut berkompetisi di Lomba Karya Jurnalistik 2023 Tambang Emas Martabe.

Baca juga  Parkumpulan Sitompul minta aktifitas di lahan Lobu Sitompul di Hentikan

“Selamat kepada seluruh jurnalis partisipan lomba atas karya-karyanya yang luar biasa. Teruslah berkarya menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bermutu bagus dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan jaga semangat untuk ikut berpartisipasi lagi di Lomba Karya Jurnalistik Tambang Emas Martabe tahun depan,” kata Katarina.

Semua karya jurnalistik yang masuk ke panitia lomba telah dinilai secara objektif oleh dewan juri yang terdiri dari Pimpinan Redaksi Kumparan Arifin Asydhad, Pengajar Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Maria Dian Andriana, dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Paulus Tri Agung Kristanto.

Peraih Juara I, Huyogo Simbolon, mengaku sangat senang dan terhormat bisa memenangkan lomba karya jurnalistik yang diselenggarakan pengelola Tambang Emas Martabe, PT Agincourt Resources.

“Kemenangan ini memberi motivasi dan keyakinan bagi saya untuk terus mengejar passion saya. Terima kasih kepada juri dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kesempatan ini kepada saya,” ujar Huyogo. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan