Wakil Bupati ajak masyarakat sukseskan sensus penduduk

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Pandan – Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul membuka Rapat Koordinasi (Rakor), Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) Online dan Persiapan Pelaksanaan SP2020 Wawancara di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) bertempat di Ballroom Hotel PIA Pandan, Rabu (11/03/2020).

Rakor ini dilaksanakan setelah BPS Tapteng menggelar Rakor di 20 kecamatan di Tapteng pada Februari 2020 lalu.

Dengan menugusung tema “Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia”.

Bupati melalui Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, menyampaikan sebagaimana Surat Edaran Bupati Nomor 470/497 Tanggal 5 Februari 2020 tentang Dukungan Kegiatan Sensus Penduduk 2020 dan himbauan kepada semua jajaran dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 ini.

“Data merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan, karena membangun tanpa data adalah hal yang sia-sia. Kegiatan SP2020 ini sangat penting, oleh sebab itu semua tim harus bekerja sungguh-sungguh.” Ujarnya.

“Saya mengintruksikan kepada Pimpinan OPD untuk mengoptimalkan ASN dan THL yang ada di instansi masing-masing untuk mengisi Sensus Penduduk 2020 Online. Kepada Pimpinan OPD yang mempunyai jajaran /Staf hingga level Kecamatan/Desa/Kelurahan, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, dan lain lain untuk berpartisipasi pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Online ini, termasuk Camat, Lurah dan Kepala Desa beserta jajarannya,” kata Bupati Tapanuli Tengah dibacakan oleh Wakil Bupati Tapanuli Tengah.

Baca juga  Tiba di Bandara FL Tobing Sibolga, Dandim 0211/TT Sambut Wasev Mabesad

Bupati juga mengucapkan selamat bekerja kepada Kepala BPS Kabupaten Tapanuli Tengah dan seluruh Tim.

“Kami mendukung suksesnya Sensus Penduduk 2020 ini, karena ini adalah Program Nasional dan juga menjadi titik awal terwujudnya Satu Data Kependudukan Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala BPS Tapteng selaku Narasumber dalam paparannya menjelaskan koordinasi dan monev pelaksanaan SP2020 Online dan persiapan pelaksanaan SP2020 Wawancara dengan Moderator Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP.

“SP2020 ini adalah Sensus Penduduk ke-7 yang dilaksanakan di Indonesia.

Tujuan Sensus Penduduk untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia.

Selain itu, Sensus Penduduk juga untuk menyediakan parameter demografi, proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi), serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

Dipaparkannya bahwa Sensus Penduduk ini untuk menyusun Satu Data Kependudukan Indonesia sebagai bagian dari Satu Data Indonesia, sebagaimana disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang pentingnya Satu Data Indonesia mendukung optimalnya pelaksanaan kebijakan Pemerintah.

Selanjutnya, rakor ini membahas teknis SP2020 meliputi evaluasi SP2020 Online dan persiapan SP2020 Wawancara dalam Diskusi Panel.

Sebelumnya, Ketua Panita Pelaksana Arida, SE, yang merupakan Kassubag Tata Usaha BPS Tapteng melaporkan bahwa melalui rakor ini agar seluruh Tim Pelaksana SP2020 yang terdiri dari OPD/Instansi terkait dan Pegawai Organik BPS Tapteng dapat memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai kegiatan SP2020 Online maupun SP2020 Wawancara dan diharapkan mampu menerima dan mengimplementasikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya) masing-masing, baik sebagai motovator, mendukung sepenuhnya, dan menghimbau seluruh lapisan masyarakat mensukseskan khususnya partisipasi SP2020 Online, termasuk persiapan SP2020 Wawancara.

Baca juga  Massa Gema Save Kejari Gelar Unjuk Rasa

“Rapat Koordinasi Tim Pelaksana Kegiatan SP2020 seluruhnya sebanyak 61 orang yang terdiri dari pegawai Organik BPS Tapteng 19 orang dan OPD/Instansi terkait 42 orang,” tutur Arida, SE .

Rakor ini dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Tapteng Ir. Aris Sutrisno, Kepala BPS Tapteng Drs. Anggiat Tulus Sibagariang, dan jajarannya, Kepala Kantor Kemenag Tapteng Rasidin Barasa, MA, mewakili Dinas Pendidikan Cabang Dinas Sibolga Pemprov Sumatera Utara, Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Tapteng Dedy Sudarman Pasaribu, SP, Kepala Badan Pengendalian Penduduk dan KB Tapteng Artha Siregar, S.Pd, serta OPD Pemkab Tapteng lainnya yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Dinas Sosial, dan Tim Pelaksana SP2020 Tapteng. (R/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan