Tanah dan Air dari 34 Provinsi Disatukan di Titik Nol KM IKN, Ini Filosofinya

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com – Filosifi tanah dan air disatukan dalam prosesi pembentukan Ibu Kota Negara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Prosesi itu digelar di Titik Nol Kilometer Penajam Paser Utara, Senin (14/3/2022).

Prosesi penyatuan tanah dan air itu dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam proses tersebut, tanah dan air yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia itu dituang dalam sebuah wadah.

Lalu, apa filosofi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi tersebut?

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengungkapkan prosesi itu adalah simbol betapa besar dan beragamnya kearifan lokal di Indonesia.

Perbedaan kearifan lokal tersebut kemudian ‘dipersatukan’ di IKN.

Baca juga  Beda Demokrasi Pancasila dengan Demokrasi Kapitalis, Ini Penjelasan Jenderal Seniornya Kopassus

“Kenapa tanah dan air? Tentunya kita adalah negara Nusantara yang dari ujung Aceh sampai Papua dan kearifan lokal itu berbeda-beda, dituangkan di dalam sebuah simbolis tanah dan simbolis air dijadikan satu menjadi kalimat Tanah Air. Kira-kira seperti itu,” terang Heru, Minggu (13/3/2022) malam, dilansir Tribunnews.com.

Hal senada, Presiden Jokowi mengungkapkan prosesi penyatuan tanah dan air juga merupakan bentuk kebhinekaan Indonesia, juga persatuan rakyat Indonesia.

“Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita, dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini,” kata Jokowi dalam tayangan Live Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Baca juga  Jokowi Kemah di IKN, TNI-Polri Antisipasi Kerawanan Cuaca dan Jalan Amblas

Jokowi pun mengucapkan terima kasih pada 34 gubernur yang telah hadir dan membawa tanah serta air dari daerah asal masing-masing.

“Bersama 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur dan kita tahu baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 Gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara.”

“Dan saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para Gubernur,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi.

Usai penyatuan tanah dan air, Jokowi, Iriana, dan 34 gubernur melakukan prosesi tanam pohon di Titik Nol Kilometer IKN. (Tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan