Sempat Viral, Mantan Danrem 023/KS Sibolga Resmi Lantik Henz Songjanan Jadi Prajurit TNI AD

  • Whatsapp
Ket. Gbr : Prada Henz Songjanan saat memeluk ibunya dengan erat

BeritaTapanuli.com – Orang tua mana yang tidak bangga pada anaknya saat berhasil meraih mimpinya. Apalagi diterima sebagai prajurit TNI.

Namun, kabar heboh sempat bertengger di media sosial melibatkan TNI AD hingga viral.

Sebagaimana, salah seorang calon prajurit siswa tantama terancam batal dilantik menjadi TNI AD.

Pasalnya, siswa tersebut tersandung masalah identitas kependudukan, di mana ayah berkewarganegaraan Myanmar, sementara ibu tetap WNI. Akibatnya, petinggi TNI AD pun turun tangan.

Dia mendapat pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) karena diduga pemalsuan dokumen kewarganegaraan yang dilakukan ayahnya, Mikael Songjanan. Ayahnya diketahui merupakan seorang warga negara asing berkebangsaan Myanmar.

Namun, berkat kebijakan yang diambil KASAD, Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon pun akhrinya melantik 313 prajurit Tamtama TNI AD di Rindam XVI/ Pattimura, Kamis (14/4/2022). Satu di antara ratusan prajurit yakni, Henz Songjanan.

Baca juga  Tekan Angka Perkawinan Anak, Perempuan Minimal Umur 19 Tahun

Selepas dilantik menjadi prajurit, Prada Henz Songjanan terlihat memeluk ibunya dengan erat.

Hal itu menjadi perhatian para tamu undangan yang hadir, mengingat beberapa waktu lalu, Henz sempat dikabarkan gagal menjadi tentara.

Kendati demikian, atas kebijakan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Henz dapat mengikuti pelantikan.

Mata mantan Danrem 023/Kawal Samudra Sibolga, Mayjen TNI Richard itu pun berkaca-kaca menyaksikan betapa bahagia kini Henz dan keluarganya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak Pangdam. Kami kemarin sempat kehilangan harapan, kami berdoa semoga ada mukjizat, Puji Tuhan anak kami Henz bisa lanjut. Kami sangat berterima kasih kepada bapak KSAD,” ujar Ibu Henz dalam keterangan Dispenad, Jumat (15/4/2022).

Pelantikan Tamtama remaja ini diwarnai aksi unjuk kebolehan para prajurit yang baru saja menyandang gelar Prada. Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan yang dilanjutkan oleh pernyataan penutupan oleh Pangdam.

Baca juga  Mantan Atlit Voli Nasional Kini Ditetapkan Laki-laki, Begini Komentar KASAD

Bertindak sebagai komandan upacara, Komandan Pendidikan Secata TNI AD, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, upacara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah prajurit dan penyerahan medali dan penghargaan bagi mereka yang meraih prestasi terbaik.

Keluar sebagai siswa lulusan terbaik umum dan terbaik sikap perilaku adalah Prada Herlan Togo. Lalu, siswa lulusan terbaik akademik diraih oleh Prada Waldin Rustam, dan siswa lulusan terbaik jasmani diraih Prada Irfan Jabar.

Dalam amanatnya, Pangdam Richard mengucapkan selamat kepada para prajurit muda yang resmi dilantik. Dia mengatakan meski pendidikan pertama telah selesai namun tugas dan tanggung jawab prajurit tak akan berhenti.

“Hasil yang kalian raih tak datang tiba- tiba, tapi melalui proses panjang. Melalui tahap seleksi penerimaan hingga pendidikan dasar 5 bulan. Kalian ditempa kemampuan fisik, akademik maupun mental untuk menjadi prajurit TNI AD yang andal,” kata Richard. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan