Jokowi Kemah di IKN, TNI-Polri Antisipasi Kerawanan Cuaca dan Jalan Amblas

  • Whatsapp
Ket. Gbr (istw) : Para gubernur se-Indonesia saat mendengarkan arahan Presiden Jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menginap di titik nol IKN Nusantara pada mulai awal pekan ini.

Terkait hal itu, sebagaimana di kutip media ini dari detik.com, disebutkan pihak TNI-Polri sudah mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di lapangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022).

“Segala kemungkinan sudah kami antisipasi mulai dari keberangkatan sampai nantinya di lokasi,” katanya.

Masih katanya menerangkan, hal yang dimungkinkan rawan dalam kunjungan orang nomor satu di Republik ini adalah kendala cuaca.

“Memang situasi kondisi sekarang paling rawan, situasinya adalah perubahan cuaca yang tidak menentu. Seperti hari ini hujan. Tapi alhamdulillah sore ini mulai terang. Kami berharap selama kegiatan di IKN nanti cuaca bisa cerah. Jadi kegiatan bisa berjalan lancar,” ujar Mayjen TNI Teguh.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 1.300an personel yang melibatkan unsur lalu lintas. Semua pasukan dipenggal untuk mengantisipasi kerawanan.

Baca juga  Akhirnya Mobil Esemka Diluncurkan Langsung Presiden Jokowi

“Kita kurang lebih mengerahkan 1.300an personel, melibatkan unsur lalu lintas terutama intelijen dan polisi pasukan berseragam. Yang digelar, dipenggal-penggal terutama memiliki kerawanan,” ujarnya Irjen Imam.

Selain itu, dia mengakui bahwa saat ini kondisi jalan menuju lokasi tidak mulus. Maka dari itu, ia merasa perlu mengingatkan pengemudi lewat personel yang berjaga.

“Jalan menuju lokasi itu tidak mulus semuanya sementara ini yang akan kita tempatkan polisi dan tni yang berseragam. Manakala rangkaian harus kita ingatkan, terutama pengemudi-pengemudi yang melalui jalan yang konturnya tidak rata,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa jalan di KM 60an sempat ambles. Namun, kini sudah diperbaiki.

“Kemudian ada sementara di km 60an ada jalan amblas tapi sudah diperbaiki. Tapi saya tempatkan personel di sana untuk mengingatkan pengendara supaya tidak terjadi yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Presiden Jokowi dan istrinya, Iriana, sebelumnya tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kaltim. Presiden Jokowi dijadwalkan memberikan pengarahan kepada seluruh gubernur di Indonesia.

Baca juga  Megawati Sindir Akhyar Nasution Selepas Tak Direkomendasikan

Presiden Jokowi tiba pada Minggu (13/3) pukul 16.00 Wita. Setiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Presiden Jokowi disambut Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto, dan Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Sidik Setiyono.

Di Balikpapan, Presiden Jokowi direncanakan memberikan pengarahan kepada para gubernur di Hotel Novotel Balikpapan. Kegiatan tersebut akan digelar malam hari waktu setempat.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi hari ini diagendakan bermalam di Balikpapan. Baru pada esok hari Jokowi akan berkemah di titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara hingga Selasa (15/3).

Para gubernur se-Indonesia besok juga akan hadir dalam kegiatan di titik nol IKN Nusantara. Namun, hanya 5 gubernur se-Kalimantan yang akan menemani mantan Wali Kota Solo itu berkemah. (*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan