Jaga Mutu, Tim Akreditasi Tinjau RSUD Pandan

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Pandan – Tim Surveior Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melaksanakan Survei Akreditasi versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan, Senin (09/12/2019).

Tim Surveior KARS dipimpin dr. Priyono Purwo Husodo, Sp.An, MARS, bersama anggota: dr. Hj. Lucya Agung Susilawati, MARS, dan Elise Garmelia, S.K.M, S.Sos, M.Si. Ph.D.

Direktur RSUD Pandan dr. Rikky Nelson Harahap, M.Kes, didampingi Ketua Tim Akreditasi RSUD Pandan dr. Masdyana Doloksaribu, MARS dan Ketua Medik RSUD Pandan dr. Arif Simatupang, Sp.S mengucapkan selamat datang atas kehadiran Tim Surveior KARS di RSUD Pandan.

“Kehadiran Tim Surveior Komite Akreditasi di RSUD Pandan bertujuan untuk melakukan survei dan analisa terhadap akreditasi RSUD Pandan sebagai penilaian akan kualitas manajemen dan layanan rumah sakit,” kata Direktur RSUD Pandan dr. Rikky Nelson Harahap, M.Kes.

“Semoga dengan kedatangan Bapak Ibu Tim Surveior KARS, kami mendapat masukan, bimbingan, dan arahan terkait peningkatan mutu dan pelayanan pasien di RSUD Pandan. Persiapan untuk akreditasi telah kami mulai pada bulan Februari 2019, dengan mengirimkan seorang Perawat untuk mengikuti Pelatihan Nasional Asesor Kredensial, seorang Perawat untuk mengikuti Pelatihan IPCN, beberapa Staf RSUD Pandan untuk mengikuti Workshop Asesor Internal RS. Kami juga mengikuti workshop dan pelatihan baik yang berhubungan dengan akreditasi yang diadakan oleh KARS maupun pelatihan-pelatihan internal yang berhubungan dengan peningkatan mutu layanan di Rumah Sakit,” jelas Direktur RSUD Pandan.

Baca juga  Meriahkan HUT Ke-74 RI, Turnamen Sepak Bola Memperebutkan Piala Wali Kota Digelar

Selanjutnya, Direktur RSUD Pandan mengatakan bahwa pada tanggal 14 hingga 29 Mei 2019 pihak RSUD Pandan telah mengikuti Bimbingan Akreditasi dari KARS.

“Mulai hari ini, Senin 9 Desember 2019 sampai dengan Kamis 12 Desember 2019, kita mengikuti Survei Akreditasi versi SNARS edisi 1 tahun 2019. Kepada rekan-rekan sekalian, mudah-mudahan diberikan kelancaran dalam mengikuti kegiatan survei ini demi kesempurnaan mutu dan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Pandan sesuai Standar Pelayanan Rumah Sakit,” harapnya.

Baca juga  Beraksi di Siang Bolong, Pria Ini Babak Belur di Massa

“Untuk mewujudkan visi dan misi Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Bapak Darwin Sitompul, khususnya di bidang kesehatan, akreditasi RSUD Pandan ini sangat penting. Kita harus memberikan pelayanan yang berkualitas dan profesional kepada masyarakat. Dan hari ini, saya nyatakan kami siap untuk mengikuti Survei Akreditasi versi SNARS edisi 1 tahun 2019,” lanjutnya.

Selanjutnya, Ketua Tim Surveior KARS, dr. Priyono Purwo Husodo, Sp.An, MARS menyampaikan rumah sakit berdasarkan amanat dari Undang-undang harus terakreditasi setiap 3 tahun.

“Akreditasi tujuannya untuk menjaga mutu. Sekarang kita lakukan akreditasi, tahun depan verifikasi, tahun depannya verifikasi lagi, dan tahun berikutnya akreditasi lagi yang baru, sehingga mutu terjaga karena setiap tahun diperiksa mutunya. Kita berharap tipenya tetap meningkat, kualitas pelayanan tetap meningkat, dan masyarakat menerima pelayanan yang lebih baik,” ujarnya.

Akreditasi RSUD Pandan ini diikuti oleh Direktur RSUD Pandan beserta jajarannya. (R/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan