Bangsa Indonesia Berduka, BJ Habibie Meninggal

  • Whatsapp

Jakarta – Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Jakarta, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB.

Hal itu juga disampaikan Putra BJ Habibie, Thareq Khemal Habibie, dalam pernyataan soal meninggalnya sang ayah. Dikatakan, jantung Habibie menyerah karena faktor usia.

“Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memang kemarin kan saya katakan, bahwa gagal jantung, yang mengakibatkan, karena penuaaan itu karena memang orang menjadi tua. Organ-organ itu melemah menjadi tidak kuat lagi,” kata Thareq.

“Maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah,” lanjutnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, gagal jantung terjadi ketika jantung tidak memompa darah sebagaimana seharusnya. Berbagai kondisi seperti penyempitan pembuluh arteri di jantung maupun tekanan darah tinggi, secara bertahap membuat jantung terlalu kaku dan lemah untuk memompa.

Baca juga  Bank Mandiri Diduga Rugikan Negara Atas Pelelangan Rumah Di Jalan Sanif Siborongborong

Usia lanjut merupakan salah satu faktor risikonya. Mayoritas orang yang meninggal karena penyakit jantung berusia 65 tahun ke atas. Namun gagal jantung juga bisa dialami pada usia yang lebih muda bila ada faktor risiko lainnya.

Sementara beberapa faktor risiko gagal jantung adalah sebagai berikut.

  1. Tekanan darah tinggi

Jantung bekerja lebih keras ketika tekanan darah lebih tinggi dari normal.

  1. Penyakit jantung koroner

Adanya penyempitan arteri bisa membatasi suplai darah dan oksigen ke jantung, berdampak pada otot jantung yang melemah.

  1. Serangan jantung
Baca juga  Mitsubishi L 300  Pick Up Terjun di  Kedalaman 100 Meter, Sopir Tewas

Merupakan salah satu bentuk penyakit jantung yang terjadi secara mendadak. Kerusakan otot jantung yang disebabkannya bisa membuat fungsi jantung menurun.

  1. Diabetes

Diabetes memberikan dampak yang luas pada berbagai sistem organ, termasuk jantung dan pembuluh darah.

  1. Efek obat

Beberapa jenis obat bisa memberikan efek pada fungsi jantung. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker bila ada masalah dengan pemakaian obat tertentu.

Sementara itu, sejumlah tokoh nasional memberikan ungkapan belasungkawa terhadap motivator bangsa itu. Termasuk sejumlah tokoh artis yang turut memberikan ucapan turut berduka.(sumber : Detik.com)

Loading…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan