Petugas Bandara Curiga Bawaan Penumpang, Eh Taunya

BT – Berawal dari benda mencurigakan, aparat keamanan bandara Amerika kemudian melakukan pemeriksaan.

Saat itu, sebuah barang mencurigakan yang dibawa penumpang di bandara itu dicurigai sebagai peledak. Seperti yang diberitakan Fox News, Minggu (20/9/2020).

Dalam pelaksanaan tugas Transportation Security Administration (TSA), merekapun tidak mau kecolongan.

Petugas dalam sebutan lain adalah Administrasi Keamanan Transportasi Bandara Internasional F. Kennedy di New York City, awal bulan ini melaporkan adanya penumpang yang membawa barang yang aneh. Mereka pun menahan dan memeriksa barang yang dibawa.

Petugas pun menarik bagasi kabin untuk melakukan pencarian lebih lanjut.

Saat itu, mereka menemukan dua benda elektronik yang saling terhubung dengan daya listrik dan bentuknya juga tidak karuan.

Tentu untuk mencegah risiko yang lebih besar, mereka lalu memanggil ahli peledak untuk mengidentifikasi benda tersebut.

Dan mereka menemukan bahwa benda ini berpotensi sebagai bahan peledak.

Penumpang yang membawa benda pun langsung diinterogasi dan mengaku bahwa benda ini dibuat untuk menyalakan barang elektronik mereka.

Karena mereka sulit menemukan baterai yang sesuai untuk perangkat mereka saat bepergian.

“Kasus ini menunjukkan keahlian petugas kami dalam mengidentifikasi kemungkinan barang berbahaya yang berpotensi menyebabkan peristiwa bencana,” kata John Essig, Wakil Direktur Keamanan Federal TSA untuk bandara.

“Kami melihat pemikiran kritis dari dua petugas saat mengetahui bahwa komponen perangkat yang mereka deteksi dapat mengakibatkan hasil yang tragis. Mereka pun menghubungi salah satu pakar bahan peledak kami untuk mengkonfirmasi kecurigaan mereka.” Sebutnya, sebagaimana dikutip media ini dari detik.com.

Disebut, “Ini adalah tangkapan yang bagus dan menunjukkan bahwa tenaga kerja kami terampil dalam mengidentifikasi barang terlarang dan barang yang tidak boleh dibawa ke pesawat,” tambahnya.

Setelah melewati pemeriksaan, akhirnya penumpang diizinkan bepergian dengan syarat baterai mereka ditinggalkan di bandara. Petugas tersebut lalu menyita barang ini untuk dibuang demi keamanan. (Dtc)

Pos terkait