Penting Pencegahan, 3 Gejala yang Sering Dialami Pasien COVID-19, Apa Saja?

BeritaTapanuli.com, Jakarta – Gejala virus corona COVID-19 semakin hari dilaporkan terus bertambah.

Namun, dari banyaknya gejala yang dilaporkan ada tiga gejala yang paling sering dialami pasien Corona.

Dikutip dari sajian detikhealthy, detik.com, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah melakukan survei terkait gejala yang dialami sebagian besar pasien Corona.

Tiga gejala Corona yang paling sering dialami adalah gejala umum seperti demam, batuk, dan sesak napas.

Analisis CDC ini melibatkan 164 pasien positif virus corona COVID-19. Semua pasien Corona diteliti gejalanya mulai dari 14 Januari hingga 4 April 2020 lalu.

Hasil analisis yang diterbitkan pada Kamis (17/7/2020) dalam Morbidity and Mortality Weekly Report CDC sebelumnya meminta pasien rutin menjelaskan apa gejala yang paling sering dialami.

Lalu, ditemukan setidaknya 96 persen mengalami gejala demam, batuk, dan sesak napas.

Sebanyak 45 persen lainnya pasien Corona mengalami ketiga gejala tersebut. Selain itu, batuk juga menjadi gejala yang paling sering dialami pasien Corona yaitu sebanyak 84 persen.

Gejala Corona lain seperti sesak napas lebih sedikit dialami pasien Corona, dominan dialami pasien yang dirawat di rumah sakit. Hasil survei CDC juga menemukan beberapa gejala lain yang umum terjadi termasuk nyeri otot, kedinginan, kelelahan, dan sakit kepala.

Gejala Corona lain yang hampir dirasakan 50 persen pasien Corona adalah diare. Ada beberapa pasien juga yang dilaporkan mengalami gejala seperti sakit perut, mual, dan muntah.

CDC menegaskan hasil survei ini tidak mewakili hasil umum. Sebab, pasien virus corona yang mengikuti survei CDC terbatas. (Sumber : detik.com)

Pos terkait