Pemkab Tapteng Gelar Musrenbang RKPD Melalui Vidcon

BeritaTapanuli.com, Pandan – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2021 virtual dengan menggunakan video conference (vidcon) di Ruang Rapat Bappeda Tapteng, Senin (20/04/2020).

Musrenbang RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021 ini mengusung tema “Peningkatan investasi melalui pelayanan publik yang profesional, pengembangan agro industri dan agromarine industri, serta pariwisata yang berbasis sumber daya alam”.

Musrebang ini dibuka oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP.

“Bapak Ibu sekalian, dalam suasana pandemi COVID-19 ini kita menggunakan video conference untuk menyelenggarakan Musrenbang RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021. Kita laksanakan imbauan pemerintah, Instruksi dan Surat Edaran Bupati untuk bersama-sama mengantisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Semoga pandemi COVID-19 ini cepat berakhir. Kita dapat melakukan percepatan pembangunan dan perekonomian masyarakat juga dapat bangkit kembali,” kata Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP.

Selanjutnya, Kepala Bappeda Tapteng menjelaskan Prioritas Pembangunan pada RKPD Tahun 2021 diarahkan pada lima kebijakan seperti yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2017-2022. Seluruh tingkatan Musrenbang ini, diproses dengan menggunakan aplikasi e-Planning.

Musrenbang RKPD ini digelar untuk menyempurnakan rancangan RKPD yang memuat prioritas pembangunan, pagu indikatif, dan usulan kegiatan yang telah disusun berdasarkan Organiasi Perangkat Daerah (OPD) pengelolaan kegiatan sumber pendanaannya, untuk mencapai keterpaduan antar rancangan renja OPD dengan rancangan kerja kecamatan, tercapainya kesepakatan/rumusan Forum Musrenbang yang akan menjadi acuan pada rancangan akhir RKPD Tahun 2021.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini diakhiri dengan kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara Musrenbang RKPD Tahun 2021 Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pada pelaksanaan Musrenbang RKPD ini, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi diwakili oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si. Dalam sambutannya, memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat atas pelaksanaan Musrenbang RKPD Tapteng dan berdoa semoga pandemi COVID-19 ini cepat berakhir di Indonesia dan Provinsi Sumatera Utara.

Peserta Musrenbang RKPD Tapteng Tahun 2021 ini menggunakan vidcon, yaitu Instasnsi Vertikal yang memiliki wilayah Kerja di Tapteng, Kepala BPS Tapteng Drs. Anggiat Tulus Sibagariang, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat se Tapteng, jajaran Bappeda Tapteng, BUMN/BUMD, Ormas/Organisasi Kepemudaan dan LSM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan para Akademisi di Tapteng. (R)

Pos terkait