Terang, Listik di 6 Desa di Wilayah UP3 Sibolga Tuntas

26

BERITA TAPANULI. COM, SIBOLGA – Komitmen Pemerintah melalui PT.PLN ( Persero )  menerangi desa melalui listrik secara merata semakin mendekati hasil yang maksimal sesuai dengan pelayanan yang diberikan oleh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Sibolga, Sumatera Utara.

Seiring dengan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-73 Tahun 2018. Sebanyak 6 desa telah mendapat prioristas pembangunan listrik kali ini, oleh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga.

Dalam jumpa pers di Sibolga, Sabtu ( 27/10 ), Manejer PT. PLN (Persero)  UP3 Sibolga, Poltak Samosir menerangkan bahwa, enam desa itu tersebar di empat kabupaten yang berbeda, yakni di Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Toba Samosir, terang manejer kepada wartawan.

Lebih lanjut, Poltak Samosir menjelaskan secara rinci desa – desa yang mendapatkan pembangunan pasokan listrik kepada wartawan. Diantaranya yaitu :

Desa pertama di desa Sitardas, Lorong Gunung Meranti dan Gunung Jambak Toba, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, yang berjumlah seratus (100) kepala keluarga. Di desa ini dibangun HUTM  5,6 KMS dengan Trafo 3 unit masing-masing berdaya 50 KVA, lalu ada juga HUTR 3,6 KMS

Desa kedua berada di desa Pagar Sinondi Jambur Maulid Hadang, Kecamatan Sipaholon, Kabupaten Tapanuli Utara. Di desa ini pelanggan baru yang mendapatkan listrik itu berjumlah 15 kepala keluarga. Akan diselesaikan dengan pembangunan HUTM 2,8 KMS, Trafo berdaya 25 KVA dan HUTR 4,2 KMS.

Ketiga di desa Huta Namora Siambaton, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbahas. Disini sebanyak 30 kepala keluarga menjadi penikmat baru listrik dengan pembangunan HUTM 1,9 KMS, Trafo 2 unit masing-masing 25 KVA dan HUTR : 2,2 KMS.

Keempat berada di desa Pagaran III dan IV, Kecamatan Adian Koting, Kabupaten Tapanuli Utara dengan jumlah 125 kepala keluarga. Di desa ini dibangun HUTM 13,34 KMS, Trafo 3 unit berdaya masing-masing 50 KVA dan HUTR 3 KMS.

Kelima berada di Desa Meranti Tengah, Dusun Jambu Dolok, Batu Rangon, Panduan, Kecamatan Pintu Pohon, Kabupaten Tobasa, dengan jumlah pelanggan di dusun itu sebanyak 120 kepala keluarga. Pembangunan HUTM 8,1 KMS, Trafo 3 unit dengan 50 KVA dan HUTR : 4,4 KMS dengan tahap proses penyelesaian.

“Terakhir atau keenam berada di Desa Lumban Rao Timur, Kabupaten Tobasa. Ada sebanyak 80 kepala keluarga yang mendapatkan listrik baru. Sekarang dalam sedang pembangunan HUTM  6,2 KMS, Trafo 2 unit masing-masing berdaya 50 KVA dan juga ada HUTR 1,6 KMS”, jelasnya.

Demikian juga listrik di 6 desa ini di targetkan akan segera dituntaskan sebelum penghujung tahun 2018 selesai, dengan harapan agar lebih cepat pemanfaatannya bagi masyarakat Indonesia terutama di Sumatera Utara. (ril/v)