Relawan Demokrasi Basis Pemula Sosialisasi di SMA Negeri 3 Sibolga

15

BERITATAPANULI.COM, SIBOLGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga terus melakukan sosialisasi tentang kepemiluan. Kali ini KPU melalui Relawan Demokrasi Basis Pemula menyasar sekolah-sekolah diantaranya SMA Negeri 3 Sibolga.

Para relawan demokrasi, menyampaikan arti Pemilu di hadapan siswa/i kelas (3) tiga, yang telah berumur 17 tahun.

Selain itu, relawan juga menyampaikan proses dan cara mencoblos di bilik suara sehingga surat suara yang menjadi hak politik masyarakat tidak sia-sia.

Aurel, salah seorang relawan menyampaikan, dalam pemilu serentak terdapat 5 (lima) kertas suara yang dapat dibedakan dari warnanya, yakni Warna Abu-abu untuk kertas suara Presiden dan Wakil Presiden, kuning untuk DPR RI, Merah untuk DPD, biru untuk DPRD Provinsi, dan hijau untuk DPRD Kab/Kota.

Sosialisasi bahkan terlihat dengan sesi tanya jawab yang dilayangkan sejumlah siswa. Seperti halnya, bagaimana mengurangi dan memberantas “Money Politics” (Politik uang), serta bagaimana saat pemilih sedang berada diluar kota.

Selain itu juga, sejumlah siswa mempertanyakan bagaimana menangani dari prosedur pelanggaran-pelanggaran pemilu.

Dalam kesempatan tersebut, para relawan kemudian menjawab dengan lugas. Seperti halnya, pemilih yang pindah dengan alasan tertentu dapat mengurus A-5 yakni surat pengantar pindah memilih, yang bisa diperoleh di kantor kelurahan atau petugas PPS.

Amatan dilokasi, sejumlah siswa yang rata-rata berusia 17 tahun, tampak antusias mengikuti sosialisasi. (T/BT)