Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Dilakukan Hari Ini

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Medan – Tim dokter Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan dipastikan akan melaksanakan operasi pemisahan bayi kembar siam Adam dan Malik, hari ini (23/7/2019). Persiapan operasi di RSUP H Adam Malik itu dilakukan sejak pagi.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, tim dokter telah bersiap untuk melaksanakan operasi pemisahan tersebut.

“Persiapan dimulai sejak jam tujuh pagi,” kata Rosario kepada wartawan di RSUP H Adam Malik Medan, Selasa (23/7/2019).

Untuk menjaga kelancaran operasi, manajemen rumah sakit dan tim dokter sepakat tidak ada kegiatan peliputan media di sekitar ruang operasi selama operasi berlangsung. Namun, setelahnya, akan digelar konferensi pers.

“Konferensi pers kemungkinan besar baru akan kita adakan pada H+1,” ucap Rosario.

Sementara itu sebelumnya, Senin (15/7/2019) lalu, tim dokter yang dipimpin Guslihan Dasa telah menggelar konferensi pers terkait operasi tersebut.

Dr Erjan Fikri MKed SpB(K) memaparkan kondisi Adam dan Malik cukup baik. Namun, pada tubuh mereka terjadi penyatuan kulit sepanjang 4,2 Cm di perut. Tim dokter menemukan masalah saat melakukan rekonstruksi dan ditemukan pembuluh darah yang menyeberang dari kedua bayi tersebut.

Baca juga  Batita, berstatus PDP meninggal di Adam Malik

Erjan menuturkan, pembuluh darah itu harus dipastikan terlebih dahulu apakah menyuplai keduanya atau hanya sekedar menyeberang. Namun dari hasil kajian yang dilakukan, ternyata pembuluh darah tersebut, hanya sekedar menyebrang saja.

“Jadi kami simpulkan cukup aman untuk dilakukan operasi pemisahan. Sehingga kalau pun (pembuluh darah) diputus, masing-masing punya suplai sendiri,” bebernya.

Tim dokter yang berasal dari berbagai disiplin keilmuan, diperkirakan jumlahnya mencapai 50 orang lebih. Sementara proses pemisahan diperkirakan akan berlangsung hingga lima jam.

Selain itu, biaya operasi pemisahan bayi kembar Siam itu menelan biaya sekitar Rp 600 juta sampai Rp 700 juta. Dan ditanggung oleh RSUP Adam Malik dan BPJS Kesehatan.

Baca juga  Duh, Suami Ngamuk Gegara Lapar, Banting Kompor Gas

Direktur Medis dan Keperawatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, dr Zainal Safri SpPD SpJP mengatakan, operasi tersebut dijadwalkan setelah hari jadi RSUP Haji Adam Malik.

Biaya Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam dan Malik ditanggung RS Adam Malik

“Operasi ini dilakukan dua hari setelah Hari Ulang Tahun (HUT) RSUP Haji Adam Malik. Sedangkan untuk biayanya, berada kisaran Rp 600 (juta) sampai (Rp) 700 juta, hampir sama dengan operasi yang lalu,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan Zainal, sejauh ini persiapan yang dilakukan oleh semua tim di RSUP Haji Adam Malik sudah cukup detail. Sedangkan masalah biaya, kata dia, sama sekali tidak ada diambil dari keluarga tersebut, yakni keseluruhannya ditanggulangi oleh pihak rumah sakit dan BPJS.

“Ini sumbangsih yang bertepatan dengan HUT (hari ulang tahun) RS Adam Malik. Karena harus kita persiapkan yang terbaik untuk pemisahan,” jelasnya.(int)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan