Mantan Kapolsek Ini, Melenggang Jadi Anggota DPRD

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Pensiun dari kepoisian dengan pangkat terakhir sebagai Komisaris Polisi (Kompol), Parohon Tambunan SH, lolos sebagai legislator daerah yakni di DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah.

Semasa bertugas Kapolsek Pandan, jajaran Polres Tapteng, itu dikenal dekat dengan masyarakat. Bahkan dengan pemecahan masalah yang kerap ia lakukan menjadi landasan awal baginya.

Mantan Kapolsek Pandan Purn Kompol Parohonan Tambunan SH menceritakan kunci kesuksesannya hingga berhasil meraih kursi DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) pada Pemilu 2019.

“Hidup inikan perjuangan, jadi kita memang harus berjuang supaya kita mendapatkan yang dicita-citakan. Di samping itu juga, mendekatkan diri kepada masyarakat. Masyarakat itu adalah benteng dari segalanya,” kata Parohon Tambunan.

Menurut Parohon, untuk mencapai kesuksesan yang ia raih saat ini, dia mengaku tidak berjalan mulus. “Kalau kendala pasti ada, pasti banyak tantangan,” lanjutnya.

“Tapi semua itu bukan karena kehebatan saya, enggak. Tapi karna kehebatan Tuhan yang maha kuasa,” ucap putra daerah asal Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Tapteng itu.

Alumni SMAN 1 Sibolga itu menambahkan, pencalonannya sebagai caleg muncul setelah dia pensiun dari jabatannya Kapolsek Pandan pada tahun 2018, dan didukung oleh keluarga serta konstituennya secara khusus di dapil 1.

Baca juga  Bawa Ganja, Seorang Pria Diamankan dari Mobil Angkot

“Jiwa saya terpanggil untuk mengabdi di kampung. Itu makanya saya mencalon Anggota DPRD pada Pemilu 2019 lalu,” ujar ayah dua orang anak itu.

Suami dari boru Sarumpaet itu menyebut dirinya siap mengemban tugas yang dipercayakan masyarakat, tentu sejalan dengan visi misi Partai Perindo yang mengusungnya pada Pemilu 2019 lalu.

“Yang saya perjuangkan nanti salah satunya adalah tenaga kerja. Banyak warga di Tapteng belum mendapat pekerjaan. Ketika saya masih polisi, saya melihat banyak terjadi tindak kejahatan karena tidak adanya lapangan pekerjaan. Kalau masyarakat sudah sejahtera otomatis angka kriminal berkurang,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan akan memberikan sumbangsih pemikiran terkait aturan daerah.

“Apa yang kita sampaikan ini adalah ridho dari Tuhan. Andalkan Tuhan dalam hidup. Karna Tuhan lah yang saya andalkan,” akunya.

Diungkapkannya, setelah nanti resmi bertugas di DPRD Tapteng, Parohon mengaku akan tetap menerapkan ilmu kepolisian.

“Oh iya, aku kan penyidik selama ini. Jadi kalau memang kita selama ini bergelut di penyidikan di kepolisian, jadi kita harus menguasai juga peraturan lain. Bukan hanya KUHAP, tapi peraturan-peraturan lain juga harus kita kuasai juga. Contohnya undang-undnag pemerintahan, harus kita kuasai,” sebut Parohon.

Baca juga  Unik Ada Kompetisi Kentut Berhadiah Uang di Negara Ini

“Kalau saya gak merasa kaku, karna selama ini kita sudah siap di rapat-rapat di institusi kepolisian pun sering kita gelar perkara,” sambungnya.

Purn Kompol Parohonan Tambunan bertugas di Polres Tapteng sejak tahun 2015, dikaruniai dua orang anak, yakni
Devi Yunarti Tambunan dan The End Putrado Tambunan.

Terakhir, pria berumur 59 tahun ini mengaku tertarik dengan Partai Perindo karena program partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu ‘Indonesia Sejahtera’ ia nilai program itu berpihak untuk kesejahteraan rakyat.

“Itulah yang mendorong saya sehingga berlabuh ke Partai Perindo Tapteng, apalagi didukung oleh Ketuanya Milson Silalahi,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Partai Perindo Tapteng berhasil menghantarkan tiga kadernya duduk di legislatif DPRD pada pemilu 2019. Selain Parohon Tambunan dari Dapil 1, dari Dapil 3, Charles Tinambunan dan Rinaldi Panggabean dari Dapil 4. (sumber : SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan