Latihan PBB, Sekolah Gandeng Babinsa  Koramil 03/IDG Kodim 0213/Nias  Latih Siswa/I SD

24

Berita Tapanuli (BT), Nias – Guna meningkatkan penanaman disiplin dan karakter cinta bangsa sejak dini, sekolah SDN 071056 Tetehosi, Nias Gunung Sitoli, jalin kerja sama dengan Koramil 03/Idanogawa.

Melalui perwakilan Koramil yang di emban oleh Babinsa Serda A. Giawa, kepala sekolah Linus Zebua S. Pd menuturkan bahwa kerja sama yang di himpun yakni dengan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa).

“ Hal ini sesuai permintaan kita ke pihak Koramil guna membina anak-anak selaku generasi penerus bangsa”, jelasnya.

Senada dengan itu, Serda A. Giawa menuturkan, bahwa dirinya mengaku senang berinteraksi dengan para anak-anak didiknya.

“Sesuai permintaan kepala sekolah SDN 071056 Tetehosi  Linus Zebua S.Pd dan Ketua harian Gugus depan Pramuka SDN 071056 Tetehosi  Resminiat Telaumbanua S.Ag, Kecamatan Idanogawo di Kabupaten Nias ini, sebelumnya memberi surat permintaan ke Koramil 03/Idanogawa untuk melatih PBB di Gudep SDN 071056, maka saya dipercaya sebagai pembina anak anak” jelasnya.

Lanjutnya, bahwa kegiatan latihan PBB ini diikuti peserta sebanyak 40 orang dengan tujuan agar para siswa dan siswi mampu melaksanakan perintah aba aba dari pelatih sehingga memiliki displin yang bagus lanjutnya.

Adapun pelaksanaan latihan kegiatan PBB dasar, seperti gerakan di tempat seperti sikap sempurna yang benar, sikap berjalan dan penghormatan di tempat.

“Pertama kami memberikan contoh gerakan dahulu, agar bisa dilihat dan diikuti para anak-anak, selanjutnya kita tinggal menilai gerakannya” tambah Serda A.Giawa

Meski demikian, kegiatan PBB yang dipercayakan kepada Babinsa sejatinya untuk melatih sikap, mental dan mendidik supaya lebih   disiplin para siswa dan siswi.

Sementara hal itu menurutnya langkah pihak sekolah dengan menggandeng TNI tentu cukup baik. Dimana ini untuk memberikan landasan  kepada peserta didik dan awal Bela Negara guna menumbuhkan sikap disiplin di lingkungan sekolah,” tutupnya mengakhiri.(R/BT)