Kenaikan Harga Sembako di Kota Sibolga, di duga Faktor Cuaca

19
Ket. Gambar  :  Pedagang di Pasar Sibolga Nauli

BERITATAPANULI.COM (BT), SIBOLGA – Hingga memasuki awal tahun  tahun baru 2018, harga sembako di Pasar Sibolga Nauli mulai mengalami kenaikan.

Seperti disampaikan oleh Riati (42)  pedagang Sembako di Pasar Sibolga Nauli, menjelang awal tahun baru harga mulai bernaikkan, meski kenaikkan harga tersebut tidak terlalu signifikan.

Dimungkinkan kenaikan bahan pokok tersebut disebabkan oleh faktor cuaca hingga kurangnya pasokan bahan sembako yang disalurkan oleh distributor ke Pasar Sibolga Nauli.

“Untuk sekarang ini harga naik Rp. 2000 sampai dengan Rp.3000, tetapi masih ada harga yang masih relatif normal. Bahkan diperkirakan ada yang turun dan tetap,” ucap Riati.

Disampaikannya, jenis sembako yang paling mengalami kenaikkan masih seputaran jenis sayur kol yang dulunya Rp. 5 ribu perkilonya, dan sekarang menjadi Rp. 8 ribu perkilonya,  wortel yang dulunya Rp. 6 ribu sekarang menjadi Rp. 9 ribu, bahkan ada yang hingga Rp. 10 ribu perkilonya, terong nya yang perkilonya Rp. 5 ribu menjadi Rp. 7 ribu perkilonya, sayur sawi yang biasanya perkilo Rp.3 ribu menjadi Rp.5 ribu perkilonya.

“biasanya menjelang awal tahun, pasti harga sembako pasti naik, hal ini dikarenakan tingginya permintaan masyarakat. Namun begitu tidak mengurangi minat masyarakat untuk berbelanja,” tukasnya.(st/BT)