Himbau Petani Menjual Gabah Padi Ke Bulog

42

BERITATAPANULI.COM,Tapsel – Tim Serapan Gabah Petani (SERGAP) Markas Besar Tentara Nasional TNI AD melakukan tatap muka dengan instansi dan kelompok tani sekaligus kunjungan kerja ke markas Komando Distrik Militer 0212/Tapanuli Selatan (Kodim 0212/TS), bertempat di Aula Daulay – Simorangkir, Rabu, (13/02/2019).

Ketua Tim Kolonel Inf Suyitno, menerangkan, kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan serapan gabah Petani. Sekaligus untuk berkoordinasi  dengan dinas pertanian terkait dan para petani dikabupaten/kota yang ada wilayah teritorial Kodim 0212/TS.

Sebagaimana intruksi dari Presiden Repulik Indonesia (RI), salah satu tugas TNI dibidang pertanian adalah membantu meningkatkan serapan dan ketahanan pangan didaerah maupun nasional.

Dalam sambutannya kolonel Inf Suyitno mengimbau, para petani tidak lagi menjual hasil panen padinya kepada pihak swasta, namun menjual gabah padi kepada Badan Urusan Logistik (Bulog)

Robongan Tim SERGAP disambut langsung Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto SIP, dimarkas Kodim 0212/TS, Jalan Imam Bonjol Kota Padangsidimpuan.

Adapun sejumlah kelompok tani yang hadir, merupakan perwakilan yang ada diwilayah kabupaten/kota Tapanuli bagian selatan (Tabagsel), terbagi dari satu kota dan empat kabupaten, kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kabupaten Padang Lawas (Palas) dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), khusunya diwilayah Kodim 0212/TS.

“Kita berharap kedepannya para petani agar menjual gabah padinya ke-Bulog, paling tidak petani bisa menyisihkan 10 persen hasil panen padinya untuk dijual ke-Bulog, kemudian menambah luas lahan cetak sawah, sehingga produksi hasil pertanian bisa lebih ditingkatkan” tambahnya.

“Sergap ini dibentuk atas kerjasama dengan bulog dan di dukung oleh kementerian pertanian. Sergap bertujuan untuk meningkatan ketahanan pangan nasional. Kedatangan kami kewilayah, adalah untuk memeriksa ketersediaan beras yang ada di bulog. Bapak Presiden mengharapkan kepada kita semua agar swasembada pangan/stok beras nasional bisa terpenuhi agar kita tidak ketergantungan dengan impor beras dari negara tetangga,” Tegas ketua Tim SERGAP Mabes TNI AD ini, saat berlangsung tatap muka di Aula Makodim 0212/TS.

Sementara Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, menyikapi hal itu, berharap kepada seluruh komando Rayon Militer (Koramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada diwilayah Kodim 0212/TS, agar lebih aktif berperan dalam membantu para petani serta bekerjasama dengan UPT dan PPL yang ada diwilayah teritorial Kodim 0212/TS.

Hal ini disampaikan Dandim, bertujuan agar seluruh persoalan yang terkait masalah pertanian dapat diselesaikan, sehingga hasil serapan gabah petani diwilayah teritorial Kodim 0212/TS bisa lebih meningkat lagi dan ini pastinya sangat berdampak baik kepada semua masyarakat.

“Kita semua mendukung dan menjalankan program pemerintah pusat agar tercapainya swasembada pangan secara Nasional,” Tutup Dandim 0212/TS. (RL/BT)