Dibutuhkan 55 Tenaga Relawan Demokrasi Akan Dapat Honor

76
Ket. Gbr : Petugas staf KPU saat menerima pendaftar di Kantor KPU Sibolga

BERITATAPANULI.COM, SIBOLGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga membuka rekrutmen relawan demokrasi (relasi) pada pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2019 di Kota Sibolga, sebanyak 55 orang, mulai dari tanggal 10-15 Januari 2019.

Mereka nantinya yang lolos seleksi akan terlibat secara langsung dalam mendorong meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilu serentak tahun 2019 khususnya untuk wilayah Kota Sibolga.

“Perekrutan relawan demokrasi ini merupakan salah satu upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak tahun 2019,” ujar Afwan Nasution, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Pasyarakat (Parmas) dan SDM, di Kantor KPU Kota Sibolga, Rabu (9/1/2019).

Afwan juga menjelaskan, relawan demokrasi (relasi) akan turut bekerja mensosialisasikan tahapan demi tahapan Pemilu Serentak tahun 2019. KPU akan merekrut masing-masing lima orang perwakilan dari 11 basis pemilih sebagai utusan KPU Kota Sibolga.

11 basis pemilih dimaksud yakni keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis komunitas demokrasi, dan basis warga internet (warganet).

“Dengan menerapkan prinsip demokrasi ini di mana relawan demokrasi berasal dari mereka, oleh mereka dan untuk mereka. Sehingga segala pesan dan informasi tentang Pemilu 2019 dapat tersampaikan dengan baik sesuai dengan bahasa basisnya,” terang Afwan.

Masih disampaikan Afwan, tujuan perekrutan relawan demokrasi adalah untuk meningkatkan kwalitas pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, serta membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu.

Sementara untuk persyaratan selengkapnya ada di Kantor Sekretariat KPU Kota Sibolga, Jalan S. Parman No.55, Kota Sibolga. Waktu pendaftaran mulai pukul 08.30-16.30 WIB dengan hotline 082149341799/085933657259. (T/BT)