Butuh Sentuhan Pemerintah, Tak Memiliki Drainase, Jalan AMD Kalangan Banjir

21

BERITATAPANULI.COM (BT), TAPTENG – Buruknya drainase sepanjang jalan Letkol. Bangun Siregar Kalangan menjadi ancaman jangka panjang bagi sekitaran warga yang berdomisili di wilayah tersebut. Jalan yang lebih dikenal dengan jalan AMD ini setiap diguyur hujan lebat menjadi teror bagi warga, apalagi pemerintah yang menjadi dampak tudingan terkesan tutup mata.
Warga yang tak dapat berbuat banyak hanya mampu diam membisu menyaksikan genangan air, menilik sejumlah pengendara yang kewalahan saat melintas.
Seperti malam hari Kamis, genangan air sampai setinggi lutut orang dewasa sepanjang 100 meter. Hal itu juga terjadi di dua titik lokasi. Diperparah lagi kondisi jalan yang terletak di sekitar hamparan sawah yang membentang tanpa terlihat satupun aliran parit yang tertata dengan baik.
Samsul (34) seorang penarik becak kepada beritatapanuli.com hari Jumat (12/10), pagi mengaku keadaan banjir telah berlangsung sejak derasnya hujan pada Kamis malam. Ditambah lagi guyuran hujan deras pagi ini, menimbulkan air tidak dapat mengalir.
” Gimana gak banjir bang, sepanjang jalan ini tidak ada drainase yang baik. Pemerintah pun seolah tak punya program untuk membangun ini, karena sudah lama seperti ini” ungkapnya.
Terpisah, sejumlah penghuni perumahan bersubsidi program pemerintah yang berlokasi di ujung jalan AMD, tepatnya di perumahan Diponegoro Residence, turut mengalami dampak hujan deras. Mereka mengklaim buruknya drainase induk sebagai pemicu banjir yang bahkan sudah menimpa rumah mereka hingga setinggi betis orang dewasa.
” Sebelumnya tidak pernah seperti ini bang, baru ini kena semua rumah yang berada di Blok C.” ungkap Situmorang.
Sembari berharap warga kalangan meminta pemerintah kabupaten Tapanuli Tengah dapat meninjau lokasi sepanjang jalan sehingga kawasan itu tidak menjadi ancaman banjir dalam jangka panjang.
Terkait kondisi itu, awak media ini mencoba konfirmasi kepada pihak pemerintah Kabupaten Tapteng melalui dinas PU dan Pera, namun tak berhasil di temui. (t/BT)