Bupati Taput Hadiri Groundbreaking PLTMH Batang Toru 3

56

BERITATAPANULI.COM, TAPUT – Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, bersama GM PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut, Feby Joko Prihartono, GM Devisi Pembangkit PT Brata Indonesia Imam Rehatsyah, Direktur PT Berkah Alam Lestari Djani Sutedja, Dandim 0210/TU Rico Siagian dan para FKPD/mewakili, hadiri Groundbreaking Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) BatangToru 3, bertempat di Desa Simasom Toruan Kecamatan Pahae Julu (Onan Hasang), Senin, (11/02/2019).

Bupati dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa produksi energi listrik yang dihasilkan tersebut merupakan modal awal untuk membangun Tapanuli Utara.

“Produksi ini adalah modal awal pembangunan Taput, Saya berharap pembangunan PLTMH ini selesai secepatnya sehingga seluruh dusun di Taput ini dapat dialiri listrik tanpa terkecuali, bahkan suatu kebanggaan bagi kita apabila mampu memberikan energi diluar Sumatera Utara,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kecukupan energi yang miliki, tentu harapannya akan mampu mendukung sektor lain, termasuk berdirinya pabrik sehingga hasil produksi dari Tapanuli Utara akan semakin dikenal, bukan lagi sebagai barang setengah jadi.

Oleh karena itu, Nikson juga menyampaikan rasa terimakasih terhadap dukungan warga dari dua (2) Desa yang telah memberikan lokasi untuk mendukung pembangunan PLTMH ini.

“Saya yakin masyarakat akan memperoleh manfaat yang besar atas adanya pembangunan ini. Kita berjuang bersama untuk mewujudkan Taput yang mandiri dan berdikari,” pungkasnya.

Usai sambutan, Bupati bersama para undangan melaksanakan penggungtingan pita sebagai tanda resminya pembangunan PLTMH Batang Toru 3 dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Pada kesempatan sebelumnya, GM PLN Wilayah Sumut mengatakan bahwa apabila PLMTH ini berproduksi akan mampu mencukupi kebutuhan listik Taput.

“Untuk mendukung ‘Listrik Murah’ yang merupakan Program Bapak Presiden RI Joko Widodo, PLN berupaya untuk mengembangkan energi baru terbarukan. Pembangunan PLTMH ini ditargetkan selesai pada tahun 2020 dengan kapasitas 2 x 5 MW terletak di 2 desa, Simasom dan Simasom Toruan,” jelas GM Feby Joko Prihartono. (F/BT)