BMKG Jawab Informasi Simpang Siur Atas Gempa dan Tsunami

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Sebagaimana merespon sejumlah informasi yang dapat berpotensi menimbulkan keresahan, terutama di wilayah Jawa atas adanya informasi akan adanya gempa berkekuatan besar dan susulan tsunami, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyampaikan tanggapan dalam press rilis BMKG.

Tertuang dalam Press Rilis GF .00.02/004/DG/VI/2019. Yang berisi tanggapan sebagai berikut.
1. Indonesia sebagai wilayah yang aktif gempa bumi memiliki potensi gempa bumi yang kapan saja dengan berbagai kekuatan.
2. Sampai saat ini belum ada tekhnologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat kapan, dimana dan berapa kekuatannya, sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi.
3. Berdasarkan kajian para ahli, bahwa zona megatrust selatan Jawa memiliki potensi gempa dengan magnitudo maksimum M 8.8. Tetapi ini adalah potensi bukan prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu. Untuk itu semua kita harus melakukan upaya mitigasi struktural dan nonstruktural dengan membangun bangunan aman gempa, melakukan penataan tata ruang pantai, yang aman tsunami serta membangun kapasitas masyarakat terkait cara selamat saat terjadi gempa bumi dan tsunami.
4. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, dan tidak terpancing isu yang beredar dan dapat menghubungi kontak center di 021 6546316 atau di portal www.bmkg.go.id.
Sumber Twitter BMKG @info BMKG. (BT).

Baca juga  Grebek Warung di Sibolga, 3 Mesin Jekpot Disita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan