Babinsa Bantu Petani Berantas Gulma Tanaman

13

BERITA TAPANULI. COM, NIAS – Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil tanaman produksi.

Untuk mengentaskan Gulma tersebut disebut dengan “Penyiangan” yaitu suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah.

Para petani pun dituntut untuk melakukan penyiangan demi harapan hasil yang maksimal.
Dan hari Selasa (30/10) kemarin Babinsa Koramil 09/Sirombu, Kodim 0213/Nias Serda JK. Daili bersama Serda Niaston Simatupang melakukan pendampingan penyiangan Gulma di sini petani seluas lahan 0.6 Ha.

Sebagaimana Babinsa merupakan pendamping bagi kelompok Tani Cendrawasih yang memiliki lahan seluas 10 Ha, di Desa Iraonogaila, Kecamatan Lahomi, Kabupaten Nias Barat.
Selain itu, kegiatan penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar Matahari.

Sehingga tanaman yang tumbuh harus mendapatkan nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

Sementara itu, Danramil 09/Sirombu Kapten. Inf. A. Simbolon juga menyampaikan kehadiran anggota TNI dalam pendampingan pertanian adalah bagian dari mewujudkan program pangan nasional.

“Sehingga seperti pendampingan saat Penyiangan yang dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan kimiawi. Yang manual dengan tangan, dengan cara kimiawi dengan herbisida”, ungkapnya. (Red/BT)